Bandara Kertajati Rusak Diterjang Badai, PT BIJB: Bangunan yang Roboh Rencananya untuk Musala -->

Bandara Kertajati Rusak Diterjang Badai, PT BIJB: Bangunan yang Roboh Rencananya untuk Musala

Minggu, 18 Desember 2022

Tangkapan layar.



MAJALENGKA - Bencana hidrometeorologi yang dipicu cuaca ekstrem di Kabupetan Majalengka pada Sabtu, (17/12/2022) menyebabkan kerusakan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Video viral yang beredar di media sosial memperlihatkan angin kencang menyebabkan kerusakan dengan material salah satu bangunan BIJB jatu berhamburan.


Terkait hal itu, Direktur PT BIJB (Perseroda) Muhamad Singgih menjelaskan, angin kencang yang disertai dengan hujan deras terjadi pada Sabtu sekira pukul 16.23 WIB. Dijelaskannya, kerusakan tersebut terjadi di lantai 2 BIJB.


Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda menjelaskan, bangunan yang roboh itu sifatnya sementara, yang akan digunakan untuk musala,sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Bangunan tersebut adalah sekat gypsum yang berada di lantai 2, yang dibuat sementara. Karena nantinya akan dibuat untuk musala," terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima MPI, Minggu (18/12/2022).


Ditegaskannya, kabar yang beredar bahwa yang mengalami kerusakan bagian plafon tidak benar. "Bukan Plafon yang ambrol. Jadi sekat tersebut struktur materialnya berbeda dengan yang lainnya. Yang lainnya strukturnya Facade Kaca, yang keseluruhannya tidak terjadi masalah apapun," lanjut dia.


Informasi yang diperoleh dari BMKG Kertajati, lanjut Nurul, kecepatan angin pada saat kejadian, di angkat 58 Knot atau 107 Km per Jam. Kecepatan angin itu, tambah dia, merupakan yang paling kencang terjadi di sekitar Bandara Kertajati.


"Kejadian rusaknya dinding sekat Musala tersebut tidak mengganggu sama sekali kegiatan operasional yang berada di Bandara Internasional Kertajati. Untuk Fasilitas lainnya baik di Sisi Udara seperti Ruang Tunggu, Apron, Runway dan sebagainya juga dalam keadaan baik dan di Sisi Darat seperti Checkin Counter serta fasilitas lainnya juga dalam keadaan baik." jelasnya.


VP of Corporate Secretary & General Administration Dian Nurrahman menjelaskan, video yang beredar merupakan karya amatir. Saat kejadian, jelas dia, sedang berlangsung event explore SMK Se-Jawa Barat, tetapi sudah selesai pada pukul 14.00 WIB.


Kendati demikian, masih ada aktivitas loading barang untuk membersihkan area lantai 3 di Bandara Kertajati. "Sehingga masih ada aktivitas keramaian di lantai 3," papar Dian.(*)