Bela Maroko di Piala Dunia 2022, Hakim Ziyech Sumbang Gaji ke Fakir Miskin -->

Bela Maroko di Piala Dunia 2022, Hakim Ziyech Sumbang Gaji ke Fakir Miskin

Rabu, 21 Desember 2022

Playmaker Timnas Maroko, Hakim Ziyech sukses membawa timnya menorehkan sejarah di Piala Dunia 2022.



AL KHOR  - Bintang Timnas Maroko, Hakim Ziyech rupanya tidak menerima uang sepeser pun saat membela Maroko di Piala Dunia 2022. Rupanya, uang yang menjadi haknya diberikan Ziyech ke fakir miskin. 


Hakim Ziyech tampil sepenuh hati saat membela Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar. Pujian mengarah kepada bintang Chelsea tersebut, terlebih soal gajinya yang kemudian didonasikan.


Hal itu diungkapkan akun Twitter bercentang biru @KhaledBeydoun pada Senin (12/12/2022). Akun itu mengungkapkan, uang yang diterima Ziyech selalu disumbangkan ke fakir miskin sejak 2015 lalu,sebagaimana dikutip iNews.id


“Bintang Maroko Hakim Ziyech tidak pernah mengambil satu dolar pun saat bermain untuk negaranya (sejak 2015). Dia menyumbangkan semuanya untuk staf tim dan keluarga miskin di negara asalnya Maroko,” tulis akun tersebut.


Hal yang sama juga dilakukan Ziyech saat membela negaranya di Piala Dunia 2022 ini. Akun tersebut juga mengungkap bahwa sebenarnya eks pemain Ajax Amsterdam itu sudah mengumpulkan bonus gaji Piala Dunia sebesar 350 ribu dolar atau setara dengan Rp5,4 miliar. Namun dari uang sebanyak itu, Ziyech memilih mengalokasikan semuanya ke fakir miskin. Tentu aksi mulia ini menjadi penyemangat tersendiri bagi Ziyech untuk menampilkan yang terbaik.


“Hakim Ziyech, mendonasikan semua bonus World Cup (325.000 dolar) miliknya kepada orang-orang miskin di Maroko,” tulis akun itu pada 9 Desember kemarin.


Ziyech menjadi pahlawan yang mengantarkan Maroko bisa menembus hingga babak semifinal turnamen yang digelar di Qatar itu. Meski cuma mencetak satu gol, pemain 29 tahun itu selalu menjadi otak permainan tim asuhan Walid Regragui. Maroko terbilang sukses selama berlaga di Piala Dunia 2022. Mulai dari lolos sebagai juara grup dengan hanya 1 kali kebobolan, tak pernah kalah, dan mengalahkan tim sekelas Belgia.


Itu berlanjut ke babak 16 besar dengan menumbangkan juara Piala Dunia 2010, Timnas Spanyol lewat adu penalti. Di perempat final, mereka hanya butuh waktu 90 menit untuk menumbangkan juara Piala Eropa 2016, Portugal dengan skor 1-0. 


Maroko pun ke semifinal Piala Dunia 2022. Langkah mereka dihentikan Prancis dengan skor 0-2. Lalu, pada perebutan tempat ketiga mereka kalah melawan Kroasia 1-2. Meski gagal juara Piala Dunia 2022, Maroko sudah menorehkan sejarah manis. Kini mereka menjadi tim Afrika dan Arab pertama yang menembus semifinal Piala Dunia. Tentu torehan manis bagi Maroko yang diremehkan tak bisa berbicara banyak pada Piala Dunia edisi ini.(*)