Bersama Kepala Kankemenag, PJ Wali Kota Payakumbuh Wisuda 224 Hafiz MTsN 1 Payakumbuh -->

Bersama Kepala Kankemenag, PJ Wali Kota Payakumbuh Wisuda 224 Hafiz MTsN 1 Payakumbuh

Selasa, 20 Desember 2022
Pindah jambul wisuda tahfiz


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda membuka secara resmi dan mewisuda 224 hafidz dan hafidzoh Angkatan 1 MTsN 1 Payakumbuh Tahun 2022 di Aula SMK 2 Payakumbuh, Selasa (20/12/2022).


Pj. Wako Rida menyampaikan apresiasi kepada Kemenag dan MTsN 1Payakumbuh yang terus komit mencetak generasi islami, hal ini sejalan dengan semangat pemerintah dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.


"Kami bangga melihat wajah anak-anak yang tak hanya mampu membaca alquran, mereka juga menghafalnya. Kami berharap anak-anak kita ini juga memahami isi kandungan alquran, dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.


Rida juga salut dengan semangat sekolah dan orang tua santri yang mendukung anak dalam belajar agama, memang ilmu akademik penting sebagai bekal menghadapi masa depan, tapi ilmu agama yang paling penting karena inilah yang membentuk karakter seseorang.


"Semoga kita semua diberikan rahmat dan keberkahan oleh Allah dengan terus menyiarkan Islam di muka bumi ini," harapnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh Joben mengatakan, saat ini Kanwil Kemenag Prov. Sumbar mencanangkan program penguatan cirikhas madrasah melalui gerakan 15.000 hafidz Quran untuk siswa/i MI, MTs dan MA di Sumbar.


"Target kita di Payakumbuh, untuk MI 64 siswa, MTs 215 siswa dan MA 134 siswa hadidz Quran. Dan total di Payakumbuh untuk 2022/2023 target kita 413 siswa hafidz Quran," terangnya.


"Untuk Siswa MI minimal harus hafal 1 juz, MTs 2 juz dan untuk MA 3 juz," lanjutnya.


Dikesempatan itu juga, Kepala MTsN 1 Payakumbuh Ermita menjawab tantangan itu. Dimana untuk tahun 2022 MtsN 1 Payakumbuh mewisuda 224 siswa/i hafidz Quran, dari 1 juz hingga 8 juz yang dibimbing 18 guru.


"Jumlah peserta wisuda Tahfidz kita, 8 juz 1 orang, 5 juz 2 orang, 4 juz 3 orang, 3 juz 17 orang, 2 juz 42 orang dan 1 juz 159 orang," terangnya.


"Dengan program ini, sudah banyak anak-anak didik kami yang masuk ke sekolah favoritnya melalui jalur prestasi, Alhamdulillah," pungkasnya. (ul)