Bupati Serahkan Beasiswa Baznas Bagi 450 Mahasiswa Tanah Datar -->

Iklan Atas

Bupati Serahkan Beasiswa Baznas Bagi 450 Mahasiswa Tanah Datar

Kamis, 08 Desember 2022

Bupati Eka Putra didampingi Ketua Baznas Yasmansyah berikan bantuan beasiswa secara simbolis kepada mahasiswa asal Tanah Datar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 450 orang mahasiswa Tanah Datar yang tersebar diwilayah Indonesia, terima manfaat beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tanah Datar, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Rabu (07/12), di Masjid Muhammadiyah Batusangkar. 


Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah mengatakan, sejumlah mahasiswa yang menerima manfaat beasiswa ini, berasal dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia dan yang berada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). 


"Mahasiswa kita ini yang di luar Provinsi Sumbar ada 33 orang yang lolos seleksi, berdasarkan survei dan dalam Provinsi Sumbar sebanyak 417 orang. Sedangkan penerima manfaat Baznas ini tidak boleh berturut-turut, yang menerima saat ini bisa jadi dua tahun yang lalu pernah juga menerima," ujar Yasmansyah. 


Yasmansyah katakan, direncanakan anggaran setengah miliar lebih, akan ditargetkan kepada sebanyak 200 orang mahasiswa, mengingat kondisi keuangan, namun karena tingginya antusias mahasiswa yang butuh biaya kuliah, maka dibagilah secara profesional, sehingga total yang diterima mahasiswa bervariasi, minimal sebesar Rp.1.000.000,- 


Yasmansyah berharap dan juga minta dukungan Pemerintah Daerah, untuk mengintensifkan zakat, mengingat kebutuhan untuk melayani masyarakat itu semakin tinggi, seperti biaya untuk berobat masyarakat dianggarkan Rp.800 juta, sementara realisasinya bisa mencapai Rp.1,4 miliar. 


Ditambahkan Yasmansyah, untuk tahun 2023 mendatang Baznas Tanah Datar juga akan mengalokasikan anggaran untuk bantuan Taman Kanak-Kanak (TK), mengingat TK Negeri di Tanah Datar zakat guru-gurunya juga disalurkan melalui Baznas Tanah Datar. 


Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Tanah Datar, yang terus berupaya memajukan dunia pendidikan, dengan mengalokasikan anggaran bagi mahasiswa Tanah Datar, yang sedang mengenyam pendidikan di PT di berbagai wilayah di Indonesia. 


"Adek-adek Mahasiswa mari kita syukuri nikmat Allah SWT, sehingga Baznas Tanah Datar masih terus berkontribusi bagi pendidikan anak-anak Tanah Datar, ini dapat juga meringankan beban pemerintah daerah, disaat keterbatasan anggaran daerah Baznas hadir berkontribusi," ujar Eka Putra. 


Bupati juga katakan, bantuan beasiswa ini memang tidak berurut setiap tahunnya, ditahun ini dapat mungkin tahun berikutnya tidak, jadi tetap bersabar dan bersyukur, serta mendoakan para muzakki yang telah memberikan sedikit rezekinya, agar selalu sehat dan dimudahkan rezekinya oleh Allah SWT. 


Sembari memberikan motivasi bagi mahasiswa ini, Bupati juga mengajak mahasiswa untuk fokus belajar dan meraih cita-cita dan menggapai mimpi. 


"Ini memang sulit, namun jika fokus dan yakin itu bisa dicapai. Belajar yang semangat, kalau terkendala jangan langsung menyerah, niscaya dibalik itu ada keberhasilan yang menanti, tetap semangat, jujur, baik dan berani," pungkas Eka Putra. 


Turut hadir saat pemberian beasiswa Baznas tersebut Kadis Sosial Afrizon, Kabid SD Dinas Pendidikan Lutfi, Kasi Penyelenggara Zakat Kemenag Tanah Datar Abu Hanifah, Camat Lima Kaum Irwan, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Dewi Purnama dan undangan lainnya. (*/F12)