Bupati Turun Langsung ke Pasar Batusangkar Cek Bahan Pokok Jelang Libur Nataru -->

Iklan Atas

Bupati Turun Langsung ke Pasar Batusangkar Cek Bahan Pokok Jelang Libur Nataru

Kamis, 08 Desember 2022

Bupati Eka Putra saat meninjau stok dan harga bahan pokok jelang libur Nataru, di Pasar Batusangkar, Kamis (8/12) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Forkopimda, Asisten Ekobang, Kepala OPD terkait dan juga tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Datar, turun langsung ke Pasar Batusangkar, Kamis (8/12/22). 


Hal ini dilakukan, guna memastikan stok bahan pangan jelang libur Nataru aman, sekaligus menjaga kestabilan harga bahan pokok di pasaran. 


Selain turun langsung ke Pasar Batusangkar, Bupati dan rombongan juga melakukan peninjauan langsung ke gudang Kurnia Baru, yang merupakan supplier terbesar di Kota Batusangkar. 


Dari hasil pantauan langsung di lapangan disampaikan Bupati Tanah Datar, bahwa saat ini ada beberapa harga bahan pokok yang naik seperti beras dan telur. Sementara harga cabai dan beberapa lainnya cenderung turun harga.


"Hari ini Saya didampingi langsung oleh Forkopimda dan juga Satgas Ketahanan Pangan, turun langsung untuk mengecek harga di pasar. Dan Alhamdulillah, tadi kami temui harga bahan pokok cukup stabil, malah ada beberapa yang cenderung turun seperti bawang dan juga cabai," sampai Eka Putra. 


Cuma tambah Bupati, yang menarik itu jengkol, jengkol saat ini harganya cukup tinggi, dan juga di datangkan dari berbagai daerah seperti Aceh dan juga Lampung. 


"Jengkol saat ini harganya mencapai 800 ribu rupiah per karung, selain jengkol beberapa harga bahan pokok lainnya juga naik seperti beras dan ayam potong," terang Eka Putra. 


Sementara itu, terkait stok bahan pokok disampaikan Bupati, bahwa di Tanah Datar relatif aman setidaknya sampai pada libur Nataru. 


"Kita datang langsung ke gudang Kurnia Baru, yang merupakan supplier terbesar di Batusangkar. Dan Alhamdulillah, menurut keterangan pihak Kurnia Baru stok aman sampai akhir tahun. Begitu juga beras, menurut pihak Bulog saat ini stok di gudang juga cukup," pungkas Bupati Eka. 


Hal ini juga ditegaskan oleh Asisten Manajer Bisnis Bulog Tanah Datar Irham, menurutnya saat ini stok beras di gudang cukup sampai akhir tahun 2022. 


"Stok beras di gudang Bulog Tanah Datar kami prioritaskan yang kualitas medium, sementara untuk stok beras komersil kami pusatkan di gudang Solok. Namun bila dibutuhkan sewaktu-waktu bisa kita minta," jelasnya. (*/F12)