Hasil Polandia Vs Argentina Piala Dunia 2022: Messi Cs Menang 2-0, La Albiceleste ke 16 Besar -->

Hasil Polandia Vs Argentina Piala Dunia 2022: Messi Cs Menang 2-0, La Albiceleste ke 16 Besar

Kamis, 01 Desember 2022

Gelandang Argentina, Alexis Mac Allister (kedua dari kanan) berselebrasi usai membobol gawang Polandia pada laga terakhir Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Kamis (1/12/2022).


DOHA - Timnas Argentina berhasil mengalahkan Timnas Polandia 2-0 pada laga pemungkas Grup C Piala Dunia 2022. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadium 974, Doha, Kamis (1/12/2022) pukul 02.00 WIB.


La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- mampu menjebol gawang Biało-czerwoni -julukan Timnas Polandia- lewat sepasang gol Alexis Mac Allister (46') dan Julian Alvarez (67'). Dengan hasil ini, Argentina berhak lolos ke babak 16 besar usai menjadi juara Grup C dengan koleksi 6 poin, sebagaimana yang iNews.id.


Jalannya Pertandingan

Babak Pertama


Sejak babak pertama dimulai, Argentina langsung mengurung pertahanan Polandia. Tepat di menit ke-2, Angel Di Maria melakukan solo run, tetapi dia gagal menciptakan peluang karena pemain lawan menghalanginya. La Albiceleste hanya mendapat sepak pojok.


Kemudian di menit ke-7, Lionel Messi mencoba peruntungannya dari tepi kotak penalti untuk membuka keran gol Argentina. Namun, usahanya ke pojok kiri bawah terlalu lemah untuk melewati kiper Polandia, Wojciech Szczesny yang dengan mudah menahannya.


Kali ini, Lionel Messi mendapat peluang emas di menit ke-11. Ia melewati beberapa bek di dalam kotak dan mencoba mencetak gol ke sisi kiri gawang Polandia lewat sepakan kerasnya. Akan tetapi, antisipasi apik dari Wojciech Szczesny hanya menghasilkan sepak pojok untuk Argentina.


Sementara itu, Polandia cenderung mengandalkan serangan balik. Namun, Robert Lewandowski cs nampaknya masih kesulitan untuk membongkar lini pertahanan Argentina yang dikawal Matty Cash dan kolega. Kendati begitu, tim asuhan Czeslaw Michniewicz itu sesekali mendapat peluang.


Argentina meningkatkan intensitas serangannya ke lini pertahanan Polandia. Tepatnya di menit 28, Argentina nyaris membuka keran golnya. Namun, tembakan keras kaki kiri Marcos Acuna hanya menyamping tipis di kiri gawang Polandia.


Giliran Julian Alvarez menerima umpan akurat dalam kotak. Ia pun melakukan tendangan yang menjanjikan ke arah tiang kiri gawang Polandia. Sialnya, Wojciech Szczesny lagi-lagi dapat menggagalkannya dengan penyelamatan apik.


Tepat di menit 36, Lionel Messi terjatuh karena dianggap ada kontak dengan Szczesny di dalam kotak penalti. Wasit Danny Makkelie membuat sinyal VAR dan memutuskan penalti untuk Argentina. Sialnya, Messi yang menjadi eksekutor di menit 39 gagal menjalankan tugasnya dengan baik usai bola ditepis Wojciech Szczesny dengan aksi heroik.


Sejumlah peluang kembali didapat Argentina menjelang akhir babak pertama. Namun, Lionel Messi cs tak mampu mengkonversinnya menjadi gol. Alhasil, skor kacamata bertahan hingga turun minum.


Babak Kedua


Begitu babak kedua dimulai, Argentina langsung tancap gas melancarkan serangan cepat. Alhasil, tepat di menit 46, Alexis Mac Allister sukses mencetak gol sensasional. Ia memamerkan kemampuannya yang luar dengan tendangan voli dari dalam kotak penalti usai menerima assist dari Nahuel Molina. Papan skor berubah menjadi 1-0 untuk La Albiceleste.


Usai kebobolan, Polandia meresponnya dengan agresif. Di menit 50, Kamil Glik melompat jauh ke dalam kotak untuk menyambut umpan silang indah dari tendangan bebas yang dihasilkan. Dia melakukan sundulan ke arah gawang, tapi bola tidak akurat dan melebar dari tiang kiri.


Kali ini di menit 61, Alexis Mac Allister berada di ujung umpan membelah pertahanan Polandia di dalam kotak. Ia langsung mengarahkan tembakan rendah ke arah tengah gawang, tetapi Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan hebat.


Berkat kerja sama apik, Argentina kali ini berhasil menggandakan keunggulan di menit 67. Adalah Julian Alvarez yang sukses mencetak go. Ia terhubung dengan operan di dalam kotak dan mencetak gol membuat penjaga gawang Polandia tidak berdaya.


Seolah tak puas, di menit 71 giliran Lionel Messi yang memiliki ruang dan waktu di dalam kotak setelah menerima umpan yang akurat. Akan tetapi, tembakannya yang rendah ke arah tengah gawang berhasil diselamatkan dengan nyaman oleh Wojciech Szczesny.


Argentina terus mengurung Polandia yang bermain bertahan. Kemudian di menit 86, Lautaro Martinez mendapatkan bola di dalam kotak dan menembaknya namun bola melebar dari tiang kiri. Setelah itu, La Albiceleste terus mendapat sejumlah peluang. Namun, tak mampu dikonversikan jadi gol lagi. Alhasil, skor 2-0 untuk Argentina bertahan hingga laga berakhir.


Susunan Pemain 


POLANDIA XI (4-5-1): Wojciech Szczesny (GK), Bartosz Bereszynski (Artur Jedrzejczyk, 72'), Jakub Kiwior, Kamil Glik, Matty Cash, Przemyslaw Frankowski (Jakub Kaminski, 46'), Grzegorz Krychowiak (Krzysztof Piatek 83'), Krystian Bielik (Damian Szymanski, 62'), Piotr Zielinski, Robert Lewandowski (C), Karol Swiderski (Michal Skoras, 46').


Cadangan: Lukasz Skorupski, Kamil Grabara, Artur Jedrzejczyk, Mateusz Wieteska, Jan Bednarek, Arkadiusz Milik, Damian Szymanski, Kamil Grosicki, Jakub Kaminski, Szymon Zurkowski, Sebastian Szymanski, Nicola Zalewski, Krzysztof Piatek, Robert Gumny, Michal Skoras.


Pelatih: Czeslaw Michniewicz


ARGENTINA XI (4-3-3): Emiliano Martinez (GK), Marcos Acuna (Nicolas Tagliafico, 59'), Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina, Enzo Fernandez (German Pezzella, 79'), Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister (Thiago Almada, 83'), Lionel Messi (C), Angel Di Maria (Leandro Paredes, 59'), Julian Alvarez (Lautaro Martinez, 79').


Cadangan: Franco Armani, Geronimo Rulli, Juan Foyth, Nicolas Tagliafico, Gonzalo Montiel, Leandro Paredes, German Pezzella, Exequiel Palacios, Angel Correa, Thiago Almada, Papu Gomez, Guido Rodriguez, Paulo Dybala, Lautaro Martinez, Lisandro Martinez.


Pelatih: Lionel Scaloni