Kapolres Tanah Datar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022 -->

Kapolres Tanah Datar Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022

Kamis, 22 Desember 2022

Kapolres AKBP Ruly Indra Wijayanto memasangkan tanda pita dimulainya Operasi Lilin Singgalang 2022, di halaman upacara Mapolres Tanah Datar, Kamis (22/12) 



Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, SIK. M.Si menjadi Inspektur Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022, dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), yang dilaksanakan di halaman upacara Mapolres Tanah Datar, Kamis (22/12/2022).


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar, Pejabat Utama Polres serta para Kapolsek sejajaran Polres dan tamu undangan lainnya.


Pasukan upacara terdiri dari anggota Polres Tanah Datar, Kodim 0307/Tanah Datar, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD dan Dinas Kesehatan, ORARI, Mitra Kamtibmas, serta undangan lainnya. 


Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto yang membacakan amanat Kapolri sampaikan, momentun Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.


Oleh sebab itu, Polri bersama TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibnas, serta Stakeholder terkait, menggelar Operasi Lilin tahun 2022 yang akan dilaksanakan selama 11 hari, mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023 dan dilanjutkan dengan KRYD mulai tanggal 3 - 9 Januari 2023.


Kapolres sampaikan lagi amanat Kapolri, dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2022 ini, berbagai hal tentu dipersiapkan dalam rangka pengamanan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman, sebagaimana perintah Presiden RI Jokowi bahwa, "Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder, dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Nataru ini betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman".


Kapolres katakan lagi, pada pengamanan Nataru ini, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap terjadinya lonjakan Covid-19. Selanjutnya pada sisi keamanan, terdapat potensi gangguan seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. 


"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," sampai Kapolres AKBP Ruly. 


Diakhir amanat Kapolri, Kapolres sampaikan lagi, bahwa keberhasilan Operasi Lilin 2022, merupakan tanggungjawab bersama, yang harus dapat kita selesaikan. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergitas dan soliditas, selama pelaksanaan tugas. 


"Saya yakin, dengan sinergitas dan soliditas yang baik, maka masyarakat dapat melaksanakan Nataru 2022, dengan khidmat dan penuh suka cita," pungkas Kapolres. 


Untuk diketahui, di wilayah hukum Polres Tanah Datar sendiri telah didirikan 1 Pos Pengamanan (Pospam) di Lapangan Cindua Mato Batusangkar dan 1 Pos Pelayanan (Posyan) di Pos Ombilin Kecamatan Rambatan. (F12)