Kepala SDN 12 IV Koto Aur Malintang Butuh Dukungan Semua Pihak -->

Kepala SDN 12 IV Koto Aur Malintang Butuh Dukungan Semua Pihak

Senin, 12 Desember 2022
Pengawas Pembina Sekolah Anas Ayub, S.Pd bersama Kepala SDN 12 Kecamatan IV Koto Aur Malintang Nur Aslinda, M.Pd dan Majelis Guru (foto.dok.Linda)


Aur Malintang - Kita melaksanakan program kerja secara perlahan dan pasti, "ciek jadinyo tetapi boneh". Yang terpenting ada satu program unggulan yang bisa memajukan Sekolah. Kesemua program harus terlaksana secara baik dan bijak dengan dukungan dari kesemua pihak


Demikian dikemukakan Kepala SDN 12 Kecamatan IV Koto Aur Malintang Nur Aslinda, S.Ag, M.Pd ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com di Batu Basa, Senin (12/12/22), sehubungan untuk peningkatan mutu pendidikan di Sekolah yang dipimpinnya.


Kata dia, program pendidikan yang harus berpihak kepada siswa dengan semangat "mambangkik batang tarandam" berdasarkan adat basandi syara', syara' basandi kitabullah. Salah satu diantaranya adalah mengembangkan seni budaya kearifan lokal "tambua tasa dan mengaji membaca Al-Qur'an" kepada siswa.


Untuk menggiatkan seni tradisional tambua tasa sebagai kearifan lokal ini, ucap Nur Aslinda yang juga Pembina MDA pada salah satu Masjid di Lubuak Basuang, kita mendatangkan pelatih dari salah seorang pemuka masyarakat disini. Karena, ia juga ahli di bidangnya, tentu telah ikutserta dia membina sanak kamanakannya untuk menguasai tata cara mempergunakan alat tambua tasa.


"Alhamdulillah wasyukurillah, para siswa sangat antusias dan serius mengikuti latihan seni budaya yang satu ini. Sehingga mereka tampil memukau ketika dilaksanakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW belum lama ini. Apalagi kita membuat program Sekolah berbasis Surau dengan melaksanakan TPA diluar jam pelajaran" jelas Linda begitu panggilan akrabnya.


Linda menyebutkan, Ini dilakukan dengan kerja sama semua stockholder warga masyarakat, komite sekolah, guru TPA serta Penyuluh Agama yang berada dibawah koordinator dari Kantor Urusan Agama Kecamatan IV Koto Aur Malintang.


"Dengan program ini akan mampu menciptakan generasi yang beriman dan berakhlak mulia sesuai dengan program pemerintah Profil Pelajar Pancasila. Sehingga akan terwujud siswa berpendidikan karakter berprofil pelajar Pancasila itu" tegas Linda yang kini sedang mengikuti Diklat Guru Penggerak.


Ia menjelaskan, berbagai kegiatan kita ini sangat di dukung Pengawas Pembina Kecamatan Anas Ayub, S.Pd dengan memberikan apresiasi terhadap program SDN 12 IV Koto Aur Malintang.


Ketika kegiatan peringatan maulid Nabi Muhamad saw lama ini, ungkap Linda, ia merasa bangga atas diangkatnya acara itu. Dan berharap agar siswa-siswi kita, kembali diingatkan bahwa sosok Rasulullaah adalah idola umat Islam. Jadi, sepatutnya kita mencontoh akhlak beliau dalam kehidupan sehari-hari. 


Kemudian, Pengawas Anas Ayub juga mengajak masyarakat, wali murid dan komite sekolah agar mendukung Progam SDN 12. Sehingga kehadiran wali murid dan komite sekolah diucapkan terima kasih, dan dukungan kepada SDN 12 ini, perlu dipertahankan serta ditingkatkan masa mendatang.


Linda menambahkan, kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan itu, juga mendatangkan penceramah agama, Ustadz Endri, S.Ag yang mengupas tentang sosok Rasulullah sebagai idola ummat sepanjang masa. Juga ditampilkan kreatifitas siswa diantaranya tambua tasa, paduan suara, dan seni tari bernuansa islami.


"Diakhir acara ketika itu, dilaksanakan  makan bersama yang diberikan donatur dari warga masyarakat setempat. Kebersamaan warga Sekolah dengan masyarakat dan komite Sekolah ini, semakin menambah rasa kekeluargaan yang tinggi memajukan pendidikan di SDN 12 Kecamatan IV Koto Aur Malintang ini" ucap Nur Aslinda terharu yang pernah bertugas di Kecamatan V Koto Kampung Dalam ini mengakhiri.(co)