Koridor VI Bus Trans Padang, dari Pusat Kota Menuju Unand diresmikan -->

Koridor VI Bus Trans Padang, dari Pusat Kota Menuju Unand diresmikan

Senin, 19 Desember 2022


.

Padang, fajarsumbar.com - Walikota Padang, Hendri Septa, B.Bus.(Acc), M.I.B, meresmikan Koridor IV Bus Trans Padang dari Pusat Kota menuju  Universitas Andalas (UNAND) di Auditorium UNAND Senin,(19/12/2022).


Peresmian Koridor IV Bus Trasn Padang itu, tampak hadir Wakil Rektor VI Unand Hefrizal Handra  S.Sos. ST, Komisi II DPRD Padang Jumadi. SH, unsur Dinas terkait, Kapolresta Padang AKBP Ferry HarahapKasatlantas Polresta Padang AKP Alfin S.IK, Organda, Bank Nagari dan BRI.

Adapun rute koridor ini nantinya akan dapat melayani Transportasi masyarakat dari Pusat Kota hingga Kampus UNAND, sekaligus dapat menguraikan kemacetan lalulintas.

Rektor UNAND melalui Wakil Rektor IV, Hefrizal Handra mengaku senang, dengan telah adanya rute Trans Padang yang masuk ke kawasan Kampus UNAND.

"Hadirnya koridor enam ini kami tunggu-tunggu. Ini merupakan suatu kebahagiaan bagi civitas UNAND," harap Hefrizal.

Adanya rute Bus Trans Padang yang memasuki kawasan UNAND ini, menurut Hefrizal, sudah melewati beberapa kali diskusi dengan Pemko Padang.

"Program ini (Trans Padang) perlu didukung, karena selain menghadirkan transportasi umum yang nyaman, hal ini juga bisa mengurangi polusi udara akibat semakin banyaknya kendaraan pribadi di jalan raya," katanya.

Di akhir sambutannya, Hefrizal juga mengatakan pihaknya pun akan terus mendukung program Pemko Padang, agar kedepannya bisa menjadi kota yang sehat dan nyaman, serta mampu menjadi smart city dan green city.

Sementara itu, Walikota Padang, Hendri Septa yang meresmikan langsung koridor baru Trans Padang ini mengatakan kalau pengembangan koridor ini jadi sebentuk pengayoman kepada masyarakat.

"Ini adalah program Pemko Padang dalam memberikan pelayanan dalam bidang transportasi, yang nyaman dan juga mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi," katanya.

Koridor VI ini, kata Hendri, berawal dari pusat kota, atau halte pertama Trans Padang yang berada di kawasan Taman Imam Bonjol, kemudian terus melewati Anduring, hingga terus lurus ke arah kampus UNAND yang terletak di kawasan Limau Manis.

Pada kesempatan itu, walikota berharap adanya bus Trans Padang ini memang dipergunakan masyarakat sebaik mungkin. Karena menurutnya, salah satu tujuan dari transportasi massal ini adalah mengurangi tingkat kemacetan di Kota Padang.

"Bus Trans Padang ini sudah beroperasi sejak 2014 dan penumpangnya telah mencapai tiga ribu orang per hari. Hingga pernah meningkat drastis jadi dua belas ribu per hari," kata Hendri.

Disebutkannya, terdapat dua koridor lagi yang akan segera dibangun dan kini masih dalam proses.

"Dua koridor yang akan dibangun tersebut adalah jalur Pusat Kota menuju Bungus, jalur Pusat Kota hingga ke Siteba, insyaallah akan segera terealisasikan," ujarnya.

Direktur Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM) Rico Rahmadi Albert, menuturkan, Trans Padang nantinya akan dilengkapi aplikasi moovet sehingga memudahkan masyarakat dalam penggunaan transportasi massal ini.

Aplikasi ini selain digunakan untuk pembayaran, juga bisa memberikan informasi posisi Trans Padang di masing-masing koridor.

"Kami berkomitmen agar Koridor VI Trans Padang jalur Unand-Pusat Kota dapat melayani masyarakat secara maksimal," harapnya.

Ia menambahkan, di Koridor VI Trans Padang jalur Unand menuju Pusat Kota perusahaan menyediakan 10 unit  bus.

"Armada yang akan mengaspal diakhir tahun ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang modern seperti bus tracking, driver monitoring system, passenger counting sensor, automatic doors dan hampir dikatakan sama dgn bus standard negara maju lainnya," imbuhnya.

Dia juga mengatakan, Koridor VI Trans Padang akan beroperasi pada pukul 06.00 hingga 19.00.WIB.

Disela presmian Koridor VI Bus Trans Padang itu, juga dilakukan penandatanganan MoU antara PT Bigbird Pusaka dengan PT Rezki Reny Renob Elok Budi dan disaksikan oleh Perumda Padang Sejahtera Mandiri. ( * )