Kunjungi Washington, Presiden Zelensky Berikan Ini ke Joe Biden -->

Kunjungi Washington, Presiden Zelensky Berikan Ini ke Joe Biden

Kamis, 22 Desember 2022

Zelensky memberikan sesuatu untuk Joe Biden.



WASHINGTON - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan kunjungan luar negeri ke Amerika Serikat (AS). Kedatangan Zelensky diterima langsung oleh Presiden AS Joe Biden dan istri, Jill Biden.  


Dalam pertemuan dua pemimpin negara itu, Zelensky tak lupa memberikan sesuatu untuk Biden. Sebuah medali militer Ukraina (The Cross for Military Merit) diberikan kepada Presiden Joe Biden selama pertemuan bilateral dengan Oval Office di Gedung Putih di Washington, DC pada 21 Desember 2022​, sebagaimana dikutip iNews.id.


Dilansir dari Reuters, medali itu merupakan titipan dari seorang kapten unit roket HIMARS yang menemui Zelensky di Bakhmut, kota garis depan Ukraina timur, awal pekan ini. Kapten itu meminta Zelensky agar memberikan medalinya kepada Biden sebagai tanda terima kasih. Petugas itu juga menulis surat kepada Biden yang mengungkapkan penghargaan Ukraina atas bantuan Amerika dalam membantu menjaga banyak orang di Ukraina tetap hidup. 


"Yah, seharusnya tidak diberikan kepada saya tetapi ini sangat dihargai," kata Biden saat dia menerima medali dari Zelensky.


Biden berjanji untuk memberi kapten Ukraina itu koin komando dari medan perang AS di Irak, tempat mendiang putranya Beau bertempur.


Gedung Putih mengatakan Biden kemudian menyerahkan dua koin komando kepada Zelensky. Satu untuk kapten pemberi medali dan satu untuk presiden Ukraina. Biden juga berjanji untuk memperkuat pertahanan udara Ukraina.


“Itulah mengapa kami akan memberi Ukraina baterai rudal Patriot dan melatih pasukan Anda untuk dapat menggunakannya secara akurat,” katanya. "Kamu adalah pria terbaik tahun ini," kata Biden kepada Zelenskiy tentang keputusan Majalah Time untuk menampilkannya di sampulnya.(*)