Kurangi Angka Kemiskinan, 100 Pencaker Dilatih Berwirausaha di Sijunjung -->

Kurangi Angka Kemiskinan, 100 Pencaker Dilatih Berwirausaha di Sijunjung

Jumat, 23 Desember 2022
Foto bersama


Sijunjung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung melalui Dinas Nakertrans melaksanakan pelatihan kewirausahaan bagi Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Rabu (21/12/2022).


Pelatihan itu diikuti 100 tenaga kerja pemula. Hal itu bertujuan sebagai upaya Pemkab Sijunjung untuk menciptaan lapangan kerja sekaligus untuk mengurangi angka kemiskinan di wilayah Lansek Manih.


Pelatihan itu dibuka oleh Ketua Dekranasda, Ny Riri Benny Dwifa. Pada kesempatan itu ia memberikan semangat kepada tenaga kerja pemula agar mengikutinya dengan serius.


Ia berharap seluruh peserta dimotivasi agar bisa menyerap ilmu dari para narasumber. "Adek-adek peserta ini merupakan orang pilihan. Serapkan ilmu para narasumber yang memberikan materi, gunakan kesempatan ini untuk meraup ilmu," sarannya.


Ketua Dekranasda, Ny Riri Benny Dwifa saat membuka pelatihan.


Disebutkan, jika ada skil maka untuk peluang usaha untuk membuka lapangan kerja terbuka lebar. "Jangan lagi terlalu berharap jadi PNS, sebab berwirausaha itu lebih baik dari pada pegawai negeri. Kalau pegawai negeri itu gajinya ba agak-an," ujarnya memberi motivasi kepada peserta.


Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans, Khamsiardi, SSTP, M.Si menyampaikan, tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan daya saing usaha dan kesempatan perluasan dan pemberdayaan lapangan kerja serta menurunkan angka pengangguran di Sijunjung. 


Ia juga mengatakan bahwa peserta pelatihan kewirausahaan tahun 2022 ini adalah alumni pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan  BLK Sijunjung dengan peserta memenuhi syarat. 


Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 100 orang, yang dibagi kedalam 2 angkatan. 


Pelatihan itu dilasanakan selama 4 hari, 21 - 22 Desember 2022. Untuk angkatan I dan dari 23 - 24 Desember 2022. Sedangkan angkatan II dilaksanakan di SKB Muaro Sijunjung.


Ny. Riri menyerahkan secara simbolis perlengkapan peserta dan penyerahan bantuan peralatan usaha berupa mesin jahit dan setrika.


Sedangkan nara sumber narasumbernya, Ketua Dekranasda Kab. Sijunjung, pimpinan perusahaan, fasilitator rumah BUMN Telkom Sijunjung.


“Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan Pemkab melalui Disnakertrans sebagai salah satu langkah penanggulangan dampak inflasi di Kab. Sijunjung," ujarnya.


Usai pembukaan itu kemudian, Ny. Riri menyerahkan secara simbolis perlengkapan peserta dan penyerahan bantuan peralatan usaha berupa mesin jahit dan setrika.


Saat penyerahan itu, Ny.Riri didampingi Kadis Nakertrans Kab. Sijunjung, Khamsiardi. Kemudian dilanjutkan foto bersama. (def/adv)