Libur Semester, Pojok Baca Digital Banyak Dikunjungi Anak Sekolah -->

Iklan Atas

Libur Semester, Pojok Baca Digital Banyak Dikunjungi Anak Sekolah

Jumat, 23 Desember 2022
Anak usia sekolah di Pojok Baca Digital yang ada di Pasar Pusat Padang Panjang.


Padang Panjang, fajaraumbar.com  - Sejak anak-anak sekolah liburan akhir semester, Pojok Baca Digital (Pocadi) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padang Panjang ramai dikunjungi.


Kabid Perpustakaan DPK, Dra. Hj. Tuti Abdul Rajab, M.M, Jumat (23/12) mengatakan, Pocadi ini berlokasi di lantai tiga Pasar Pusat Padang Panjang, merupakan tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-Book). Koleksi e-Book yang ada di Pocadi berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPusnas, yang dapat diunduh menggunakan aplikasi playstore. 


Pocadi juga dilengkapi dengan perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi e-Book, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia.


Pocadi dikembangkan Perpustakaan Nasional bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah dengan gagasan untuk memudahkan akses informasi. Prinsip dasar perluasan Pocadi yaitu memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat. Pocadi mempunyai konten/koleksi yang dirancang sesuai kebutuhan penggunanya, berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik.


"Kota Padang Panjang sudah menerima bantuan Pocadi ini sejak 2020 dan saat ini sudah diminati masyarakat," katanya.


Tuti berharap dengan adanya layanan Pocadi ini minat baca dan literasi masyarakat  Padang Panjang semakin meningkat, dengan menyediakan literatur-literatur yang terpercaya, berdasarkan data Perpustakaan Nasional. Terbukti dengan banyaknya kunjungan dari pemustaka apalagi di masa liburan semester sekolah ini. (syam)