Lomba Memasak Cangkuak di Festival Asasi -->

Lomba Memasak Cangkuak di Festival Asasi

Sabtu, 03 Desember 2022
Lomba memasak Cangkuak di Festival Asasi, Padang Panjang


Padang Panjang, fajaraumbar.com  - Di Festival Asasi, Sigando, Kota Padang Panjang ada lomba membuat cangkuak. pesertanya utusan 16 kelurahan di halaman masjid tua itu. Lomba yang berlangsung Sabtu (3/12).


Cangkuak adalah masakan tradisional Padang Panjang. bahannya air nasi, cabai merah digiling halus, ikan teri ditambah bumbu yang malezatkan  samba Cangkuak yang dimasak di periuk tanah di tungku dengan bahan bakar kayu.


Peserta lomba tentu saja ibu-ibu. Suasananya semakin meriah ketika aroma  cangkuak mulai matang masak di tengah kerihuan peserta.


Dalam festival ini ada tiga juri penilai. Ada Ketua Bidang I TP-PKK Kota, Sri Hidayani, S.E, Bundo Kanduang Kota, Asnimar dan Praktisi Kuliner, Yolly Chamela.


Menurut Sri ada lima segi penilaian. Di antaranya kreativitas atau penampilan saat penyajian Cangkuak, rasa Cangkuak yang dibuat, kebersihan saat dan sesudah memasak, ketepatan waktu memasak dan teknik memasak.


Usai mencicipi Cangkuak juri langsung mengumumkan pemenang.  Juara 1 diraih Kelurahan Sigando, juara 2 Kelurahan Ekor Lubuk dan juara 3 Kelurahan Pasar Baru.


Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP juga hadir di sela-sela penilaian. Hadir pula Camat Padang Panjang Timur, Drs. Asrul, Lurah Sigando, Risman dan undangan lainnya. 


Hasil masakan cangkuak yang dilombakan kemudian dimakan bersama-sama. (syam)