Mantan Pemimpin Gereja Katolik Paus Benediktus XVI Tutup Usia -->

Iklan Atas

Mantan Pemimpin Gereja Katolik Paus Benediktus XVI Tutup Usia

Sabtu, 31 Desember 2022

Mantan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI. 



VATICAN CITY – Mantan Pemimpin Tertinggi Gereja KatolikPaus Benediktus XVI, tutup usia pada Sabtu (31/12/2022). Dia meninggal pada usia 95 tahun.


Kematian Benediktus, yang memegang Tahta Apostolik dari April 2005 hingga Februari 2013, diungkapkan oleh pejabat pers Takhta Suci Vatikan, Matteo Bruni, Sebagaimana dikutip iNews.id.


“Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 (15.34 WIB) di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” kata Bruni, seperti dikutip kantor berita Sputnik.


Sebelumnya, Benediktus dikabarkan menderita sakit keras. Pemimpin Gereja Katolik saat ini, Paus Fransiskus, sempat meminta para pengikutnya untuk mendoakan pendahulunya itu.


“Saya ingin meminta doa khusus dari Anda semua untuk Paus Emeritus Benediktus, yang, dalam keheningan, menopang Gereja. Marilah kita mengingatnya. Dia sangat sakit, memohon kepada Tuhan untuk menghibur dan mendukungnya dalam kesaksian cinta untuk Gereja ini, sampai akhir,” kata Fransiskus, berbicara dalam bahasa Italia, seperti dikutip Reuters, Rabu (28/12/2022) lalu.


Pada 2013, Benediktus menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri. Dia tetap tinggal di Vatikan sejak saat itu.(*)