Media Vietnam Soroti Penunjukan Asnawi Mangkualam sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 -->

Media Vietnam Soroti Penunjukan Asnawi Mangkualam sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Kamis, 22 Desember 2022

Asnawi Mangkualam akan jadi kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. 



MEDIA Vietnam, The Thao 247, takjub Asnawi Mangkualam menjadi kapten Timnas Indonesia dalam dua edisi beruntun Piala AFF. Hal yang membuat The Thao 247 takjub karena Asnawi Mangkualam menjadi kapten Timnas Indonesia di usia yang sangat muda, yakni 23 tahun.


Asnawi Mangkualam pertama kali ditunjuk sebagai kapten Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 yang digelar tahun lalu. Saat itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi jabatan kapten kepada Asnawi Mangkualam setelah Evan Dimas tergusur dari skuad utama.


Kepercayaan itu dibayar tuntas Asnawi Mangkualam. Mempunyai ban kapten di lengan, membuat fullback kanan Ansan Greeners ini tampil kesetanan,sebagaimana dikutip okezone.com.


Namun, Asnawi Mangkualam dinilai telah melanggar sportivitas saat memprovokasi penyerang Singapura, Faris Ramli, di semifinal Piala AFF 2020. Setelah penaltinya dimentahkan kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, Faris Ramli langsung dihampiri Asnawi Mangkualam yang mengucapkan ‘Thank You’.


“Pemain Timnas Indonesia U-23 (Asnawi Mangkualam) memakai ban kapten Timnas di 2 Piala AFF berturut-turut,” tulis The Thao 247 dalam judul yang mereka buat.


“Di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong memutuskan memberikan ban kapten kepada Asnawi dari tangan Evan Dimas. Namun, Asnawi mendapat sorotan karena telah memprovovasi Faris Ramli, penyerang Singapura. Tindakan itu membuat pelatih Shin Tae-yong tidak nyaman dan mencopot ban kapten sang pemain,” tegas The Thao 247.


Selepas Piala AFF 2020, jabatan kapten Timnas Indonesia dipegang Fachrudin Aryanto. Bek Madura United ini menjadi kapten Timnas Indonesia saat mengarungi babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 dan dua laga uji coba kontra Curacao.


Sekarang, jabatan kapten Timnas Indonesia kembali dipegang Asnawi Mangkualam. Akankah Timnas Indonesia berjaya di Piala AFF 2022 dengan keluar sebagai juara?


Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Brunei dan Kamboja. Dalam laga pembuka, Timnas Indonesia akan menjamu Kamboja pada Jumat, 23 Desember 2022 pukul 16.30 WIB.(*)