Momen HUT, Pemko Payakumbuh Fasilitasi Nobar Piala Dunia di Bawah Kanopi Pasar -->

Momen HUT, Pemko Payakumbuh Fasilitasi Nobar Piala Dunia di Bawah Kanopi Pasar

Minggu, 18 Desember 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com --- Kemeriahan semarak Hari Jadi Kota Payakumbuh yang ke 52 tak hanya sampai tanggal 17 Desember 2022 saja, namun nonton bareng pertandingan final piala dunia tahun 2022 di bawah kanopi Jalan A. Yani pusat pasar Kota Payakumbuh menambah semangat kebersamaan masyarakat kota pada Minggu (18/12) malam itu.


Sebelum pertandingan bola antara Prancis dan Argentina ditabuh jauh di Negara Qatar, Askot PSSI Kota Payakumbuh juga telah selesai menggelar Liga Payakumbuh 2022.


Diumumkan pemuncaknya di hadapan ribuan pasang mata masyarakat dan pengunjung pasar kuliner dan tampak dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Anggota DPRD Edward DF, Ketua Dekranasda Elfriza Zaharman, pengurus KONI, Askot PSSI, dan Wali Kota Payakumbuh Periode 2012-2022 Riza Falepi.


Juga diserahkan reward kepada wasit terbaik, top skorer Ilham Jaya Kusuma dari Puspa FC Kelurahan Payobasung, kiper terbaik Rafiq dari Mandala FC Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, pemain terbaik Irsandi dari Simper FC Kelurahan Parit Rantang, serta piala bergilir yang diserahkan kepada pemenang Tim Mandala FC.


Dalam sambutannya, Ketua Askot PSSI Kota Payakumbuh Diki Engla Mardianto mengatakan Liga Payakumbuh ditabuh sejak September 2022 dibuka di lapangan sepakbola Kapten Tantawi Kawasan Batang Agam Tanjung Pauh, dan puluhan tim telah bertanding dan liga ditutup pada Minggu (18/12) sore dengan pertandingan sengit antara 2 tim dari kecamatan berbeda.


"Mandala FC, klub dari Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo Kecamatan Payakumbuh Utara keluar sebagai juara perdana Liga Payakumbuh musim 2022 usai mengandaskan perlawanan tim dari Parit Rantang Kecamatan Payakumbuh Barat, Simper FC dengan skor 2-1," terang Diki.


Diki juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dan support pemerintah daerah atas suksesnya Liga Payakumbuh musim 2022.


"Alhamdulillah liga kita berjalan sukses. Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada Pemko Payakumbuh dan DPRD atas dukungan yang diberikan untuk kelancaran pelaksanaan Liga Payakumbuh 2022, serta kepada masyarakat Payakumbuh dan sekitarnya. Terus dukung sepak bola Payakumbuh, khususnya Liga Payakumbuh. Karena dari sini kita menjaring atlet sepak bola berbakat yang ada di kota kita," kata Diki yang saat ini juga merupakan ASN Camat di Lamposi Tigo Nagori.


Sementara itu, Pj. Wali Kota Rida Ananda menyampaikan hari ini adalah sebuah momen berharga yang mungkin tak kan bisa terulang lagi karena mempertemukan berbagai iven penting secara bersamaan. Bagi Kota Payakumbuh adalah sebagai momentum puncak perayaan Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke 52 dan penutupan Liga Payakumbuh.


"Bagi insan sepak bola dunia ini adalah waktu untuk menyaksikan pertandingan piala dunia. Sungguh kami merasa sangat senang pada malam hari ini," kata Rida.


Yang tak kalah penting, disampaikan Rida biasanya iven sepak bola ditutup di lapangan bola, tapi karena sekarang bertepatan dengan momen piala dunia, maka panitia meminta dilaksanakan di pusat kota, di bawah kanopi.


"Kami sangat menyambut baik ide ini, tentunya kolaborasi penikmat sepak bola dan kuliner malam bisa mengangkat ekonomi UMKM, mendekatkan konsumen kepada pembeli. Semoga ini menjadi salah satu opsi kita dalam membangun Kota Payakumbuh yang telah memiliki branding City of Randang," kata Rida.


Terakhir, Rida mengucapkan selamat kepada juara liga Kota Payakumbuh dan terima kasih kepada panitia dan lapisan masyarakat yang mendukung terselenggaranya Liga Payakumbuh 2022.


"Semoga lahir lagi bibit-bibit pesepakbola seperti Nabil, putra Payakumbuh yang sukses meraih juara U-16 bersama tim nasional," harapnya.


Salah satu masyarakat, Beni menyebut adanya kanopi pasar kuliner sudah seharusnya diperuntukkan untuk area kuliner dan pejalan kaki, apalagi dengan ada iven seperti nonton bareng atau live musik supaya ada yang menarik minat orang ke Payakumbuh di waktu malam hari.


"Memang kita lihat lahan parkir di pusat kota ini susah, tapi kami yakin Pemko Payakumbuh bisa mencari solusinya. Yang jelas malam ini kami sangat senang ada nobar di bawah kanopi, meriah sekali," kata Beni yang juga mengaku mengunggulkan Timnas Argentina.(ul)