Pemkab Pasbar Salurkan 400 Bibit Cabai Kepada KWT Gunung Tuleh dan Sungai Aur -->

Iklan Atas

Pemkab Pasbar Salurkan 400 Bibit Cabai Kepada KWT Gunung Tuleh dan Sungai Aur

Sabtu, 03 Desember 2022

 

Ketua TP PKK Penyerahan Bibit Cabai


Pasbar, fajarsumbar.com 


Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melakukan 'Gerakan Masyarakat Menanam Cabai di Pekarangan' untuk menekan laju inflasi daerah dengan menyalurkan 400 bibit cabai kepada Kelompok Wanita Tani (KWT), Sabtu (3/12). 


Bibit cabai tersebut diserahkan oleh Ketua TP PKK Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi yang didampingi Kepala Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Anna Ummi Khaira, kepada 8 KWT di dua kecamatan yakni Jorong Kampung Pinang, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh dan Jorong Kasih Putih Karya Makmur, Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur. 


"Pemerintah Pasaman Barat akan terus mengkampanyekan setiap rumah tangga untuk menanam cabai dan sayuran lainnya agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi apabila terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran," ungkap Ny. Titi Hamsuardi dalam sambutannya.


Ia mengatakan, dengan menanam cabai ataupun sayur-sayuran sebagai bahan kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi untuk menekan angka inflasi yang terjadi di Pasaman Barat.


Ketua TP PKK Ny. Titi Hamsuardi juga berpesan agar anggota Kelompok Wanita Tani tersebut dapat mengajak masyarakat atau ibu rumah tangga lainnya untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat menanam untuk kebutuhan pangan dan dapat juga digunakan sebagai penambah pendapatan keluarga. 


Sementara itu, Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Anna Ummi Khaira menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesabilitas cabai dan pemanfaatan untuk rumah tangga serta mengatasi gejolak harga khususnya komoditi cabai dalam pengendalian inflasi daerah.


Ia juga menyampaikan bahwa Gerakan Masyarakat Menanam Cabai di Pekarangan ini akan diberikan bantuan bibit dan lainnya kepada 30 KWT se-Pasaman Barat.


"Adapun bantuan yang diberikan bibit cabai, polibag dan pupuk kandang," ucap Anna Ummi Khaira.


Diakhir sambutannya, ia berharap agar masyarakat maupun Kelompok Wanita Tani dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan pemerintah serta menjalankan apa yang di anjurkan pemerintah seperti pemanfaatan lahan pekarangan karena kedepannya manfaatkan tersebut masyarakat yang merasakannya dan yang terlebih dalam mengatasi inflasi daerah Pasaman Barat dapat melalui hal tersebut. 


Anggota PKK Kecamatan Gunung Tuleh Netra Eka Wati menyampaikan terimakasihnya atas bantuan yang diberikan serta perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang ada di kecamatan tulah beserta kecamatan lainnya.JD