Pemkab Solsel Bagikan Seragam Gratis untuk Siswa SMA/SMK -->

Iklan Atas

Pemkab Solsel Bagikan Seragam Gratis untuk Siswa SMA/SMK

Rabu, 28 Desember 2022
.


Solsel,fajarharapan.id - Komit men Pemerintah Kabupaten Solok Selatan untuk mempersiapkan generasi Solok Selatan yang berkualitas, berdaya saing serta memiliki akhlak yang baik.Untuk bidang pendidikan  memberikan perhatian pada siswa dengan melalui program pembagian seragam gratis bagi siswa kelas X sekolah lanjutan tingkat atas (SLA).


Setelah beberapa waktu lalu pemerintah kabupaten sudah selesai membagikan pakaian seragam gratis untuk siswa SD-SMP, kali ini siswa SMA dan SMK mendapatkan kesempatan yang sama.


Hari ini Pemkab Solok Selatan membagikan pakaian seragam gratis untuk SLA yang ada di tiga kecamatan yakni kecamatan Sungai Pagu, kecamatan KPGD dan kecamatan Pauh Duo yang penyerahannya dipusatkan di SMA1 Solok Selatan, Rabu,28/12/2022 


Kepala sekolah SMAN 1 Solok Selatan Drs. Asril dalam laporanya mengatakan, sembilan sekolah yang dihadirkan hari ini dalam rangka penerimaan pakaian gratis sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 1199 orang. 


Kami bertekad akan mengangkat bidang pendidikan di Solok Selatan, buktinya sudah banyak anak anak sekolah yang sudah memberikan terbaik bagi daerahnya, dengan bukti nyata saja, salah seorang siswi SMAN1 Solok Selatan telah menginjakan kakinya di Istana Negara menjadi pengibar bendera merah putih dalam HUT RI lalu.


Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan pemerintah berkomitmen melalui salah satu misinya dalam hal peningkatan kualitas Sumber daya manusia yang berkharakter, produktif dan kompetitif.


"Salah satu komitmen dan upaya perwujudan misi tersebut adalah pada hari ini kita pemerintah daerah memberikan bantuan seragam sekolah gratis untuk murid baru SMA dan SMK se-Kabupaten Solok Selatan," kata Khairunas


Program ini dilakukan untuk meringankan beban para orang tua dan memotivasi para siswa agar lebih giat lagi untuk belajar.


Lebih lanjut, untuk memastikan pendidikan para penerus bangsa ini terjamin, bersamaan dengan itu pemerintah kabupaten juga memberikan beasiswa kepada siswa dan mahasiswa Solok Selatan yang berprestasi.


Beasiswa yang diberikan ini sebanyak Rp 258 juta untuk 129 siswa, masing-masing akan mendapatkan Rp 2 juta. Kemudian senilai total Rp 585 juta untuk 117 orang mahasiswa perguruan tinggi yang berasal dari Solok Selatan yang per orang menerima Rp 5 juta.


"Misi pertama pemerintah kabupaten di bidang pendidikan ini karena kita berharap putra putri Solok Selatan menjadi tuan rumah di kampung sendiri. Untuk itu salah satu hal yang berperan penting adalah pendidikan," pungkasnya.



Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda dalam sambutanya, beberapa bulan yang lalu penerintah daerah sudah menyerahkan bantuan tingkat SLTP. 


Untuk tingkat SLTA ini diserahkan paling akhir, karena prosedur dan regulasinya  berada di tingkat provinsi, Pemerintah Daerah Solok Selatan tetap memberikan perhatian karena yang sekolah disini adalah generasi penerus Solok Selatan ke depan, untuk  Pemda Solok Selatan tetap memberikan perhatian serius kepada siswa tingkat SLTA. 


Tujuan dari pemberian bantuan ini adalah untuk meringankan beban orang tua apalagi kondisi saat ini, sehingga kedepan tidak ada lagi beban bagi orang tua, dan tidak ada lagi istilahnya anak sekolah berhenti gara gara tidak ada biaya, nah disinilah dibuktikan kehadiran pemerintah. (sudirman)