Penampakan Al Hilm Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Pakai Teknologi Baru -->

Penampakan Al Hilm Bola Semifinal dan Final Piala Dunia 2022, Pakai Teknologi Baru

Selasa, 13 Desember 2022

 

FIFA merilis bola semifinal dan final Piala Dunia 2022. Bola tersebut diberi nama Al Hilm yang memiliki arti mimpi dalam bahasa Arab.


DOHA – FIFA merilis bola semifinal dan final Piala Dunia 2022. Bola tersebut diberi nama Al Hilm yang memiliki arti mimpi dalam bahasa Arab. Al Hilm memiliki warna dasar emas yang melambangkan sebuah gurun pasir yang mengelilingi Qatar. Selain itu, corak segitiga yang ada di bola tersebut semakin menguatkan identitas Qatar sebagai tuan rumah.


Al Hilm menggantikan peran bola Al Rihla digunakan sejak pertandingan pertama fase grup hingga perempat final di Piala Dunia 2022. Bola ini dibekali dengan teknologi terbaru yang lebih canggih dari Al Rihla.


Hal tersebut dianggap sangat penting dalam sebuah pertandingan agar wasit bisa membuat keputusan yang paling tepat,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Salah satu teknologi baru yang akan disematkan ke dalam Al Hilm adalah ‘connected ball’, yang sebelumnya belum ada di Al Rihla. Inovasi tersebut akan memberikan data instan Video Match Official (VMO) yang akan dikombinasikan dengan data posisi pemain. Dengan tambahan teknologi tersebut, keputusan yang akan diambil oleh wasit dalam sebuah pertandingan diyakini akan semakin presisi. Hal tersebut disampaikan Direktur Teknologi dan Inovasi Bola FIFA, Johannes Holzmuller.


“Dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi penting tambahan tersedia untuk ofisial pertandingan video,” ungkap Johannes Holzmuller, dilansir dari laman resmi FIFA, Minggu (11/12/2022).


Manajer Umum Sepak Bola Adidas, Nick Craggs, mengatakan Al Hilm diharapkan bisa menyatukan seluruh masyarakat melalui sepak bola. Dirinya pun berharap agar semua tim bisa mendapatkan hasil yang seadil mungkin di laga puncak Piala Dunia 2022. 


“Al Hilm mewakili suar cahaya pada kekuatan olahraga dan sepak bola untuk menyatukan dunia. Jutaan orang akan menonton dari hampir setiap negara di seluruh dunia, dipersatukan oleh semangat mereka untuk permainan ini,” ujar Nick Graggs.


“Kami berharap semua tim yang terlibat dalam tahap akhir turnamen mendapatkan keberuntungan terbaik saat mereka bersaing di panggung terbesar yang ditawarkan sepak bola,” pungkasnya.


Sebagai informasi, saat ini, hanya tersisa empat tim yang akan bersaing untuk memperebutkan trofi Piala Dunia. Di babak semifinal, Argentina akan menghadapi Kroasia, sedangkan Prancis akan melawan Maroko untuk memperebutkan partai puncak.(*)