Punya 13.501 Ton, Stok Telur di Lampung Aman hingga Akhir Tahun -->

Punya 13.501 Ton, Stok Telur di Lampung Aman hingga Akhir Tahun

Senin, 12 Desember 2022

Stok telur di Provinsi Lampung mencapai 13.501 ton.


BANDARLAMPUNG - Stok telur di Provinsi Lampung mencapai 13.501 ton. Alhasil, stok telur aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun.


"Persediaan telur untuk Natal dan Tahun Baru di Provinsi Lampung saat ini aman, sebab ketersediaannya lebih dari cukup," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Marwati, Senin (12/12/2022).


Dia menambahkan, tercatat ketersediaan telur yang ada di daerahnya ada sebanyak 13.501 ton, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Ketersediaan telur yang ada di sini sebanyak 13.501 ton dan kebutuhan kita hanya 8.023 ton jadi untuk memenuhi konsumsi masyarakat pada Natal dan Tahun Baru masih mencukupi," kata dia.


Lili melanjutkan, masyarakat diharapkan jangan khawatir dengan ketersediaan telur di pasaran, sebab ada surplus telur sebanyak 5.478 ton.


Dari data pusat informasi harga pangan strategis nasional (PIHPS) harga telur di Lampung dalam lima hari terakhir mengalami kenaikan. Harga telur mencapai Rp30.900 per kilogram sementara dari harga normal Rp26.000 per kilogram. 


"Terkait kenaikan harga telur ada beberapa penyebabnya seperti adanya bantuan sosial langsung yang menggunakan telur, lalu kenaikan BBM juga mempengaruhi," katanya.


Selain itu, kata dia, kenaikan harga pakan di sejumlah kabupaten juga ikut serta mempengaruhi kenaikan harga telur di pasaran. (*)