Sekjen Wantannas RI, Laksdya TNI Harjo Susmoro Kuliah Umum di UNAND. -->

Sekjen Wantannas RI, Laksdya TNI Harjo Susmoro Kuliah Umum di UNAND.

Selasa, 20 Desember 2022

Padang, fajarsumbar.com - Berkarakter maritim jadi salah satu model kepemimpinan nasional menyongsong era VUCA 5.0 yang penuh tantangan dan juga ancaman bagi bangsa.


Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sekjen Wantannas) RI, Laksdya TNI Harjo Susmoro saat memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (UNAND), Selasa (20/12/2022).

Harjo mengatakan, Indonesia sebenarnya lebih kepada negara maritim, dengan melihat wilayahnya, bukan agraris. Kalau memang agraris, seharusnya bahan pokok atau beras bisa terjangkau harganya, bukan malah lebih mahal dari impor.

"Maka sudah saatnya Indonesia bangkit dengan wilayah lautan yang luas bisa jadi poros maritim dunia. Kepentingan nasional juga dapat dicapai dengan menggunakan lingkungan maritim sebagai salah satu medianya," katanya.

Sementara itu, Rektor UNAND, Prof. Yuliandri pada kesempatan itu mengatakan, adanya kuliah umum dengan menghadirkan Sekjen Wantannas ini diharapkan mampu memberikan ilmu kepada mahasiswanya agar bagaimana menghadapi tantangan serta ancaman dari perkembangan zaman.

"Materi yang disampaikan Sekjen Wantannas tentu tidak diajarkan di perkuliahan, atau tidak semua yang dapat, maka hal inilah bagaimana mahasiswa bisa melihat arah ke depan, dan siap untuk menghadapi tantangan," kata Yuliandri.( * )