Sentra IKM Rendang Payakumbuh Didatangi Dinas Perindustrian Tapanuli Selatan -->

Sentra IKM Rendang Payakumbuh Didatangi Dinas Perindustrian Tapanuli Selatan

Rabu, 21 Desember 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Penasaran dengan rumah produksi Rendang, Dinas Perindustrian Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi Sumatera Utar kunjungi Dapur Utama Sentra IKM Rendang Payakumbuh, Rabu (21/12/2022) siang.


Rombongan dari Kabupaten Tapsel Sumatera Utara dipimpin Kepala Dinas Prrindustrian diwakili Kabid Industri Agro Halimatus Tusakdiyah bersama Kabid Industri Bina Usaha, Sonita Wardah Nasution, di Payakumbuh disambut Kabid Perindustrian Nakerperin, Bambang Hermanto bersama Kepala UPTD P3R, Novit Ardy, Kasi Industri Logam, Heried Abdi dan Kepala TU, Rendi Rendy Rozeno, bertempat di Kantor Disnakerperin Kota Payakumbuh.


Kabid Perindustrian, Bambang mengucapkan selamat datang kepada rombongan di Kota Payakumbuh.


"Suatu penghargaan bagi Kota Payakumbuh mendapatkan kunjungan dari Sumatera Utara untuk bertukar informasi. Sentra IKM rendang Payakumbuh adalah milik pemerintah Kota Payakumbuh yang dibangun melalui bantuan anggaran dari Kementerian Perindustrian. Peralatan dan pengawasan makanan dipantau BPOM Loka Payakumbuh dan juga dilengkapi dengan Perijinan ekspor impor,"terang Bambang Hermanto.


"Sentra IKM Rendang Payakumbuh satu-satunya sentra rendang yang memiliki Sertifikat ISO 22000, sudah memiliki kelengkapan sertifikasi olahan pangan,"imbuhnya.


Jelas Hermanto, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terus berupaya melengkapi Sentra IKM Rendang dengan sertifikasi berskala nasional dan internasional. Alhamdulillah tahun ini semua sudah lengkap.


Menyimak keterangan dari Kabid Hermanto,Kabid Industri Agro Dinas Perindustrian Kabupaten Tapanuli Selatan, Halimah mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Disnakerperin yang sudah memberikan kesempatan kepadanya untuk bisa melihat langsung rumah produksi Sentra IKM rendang.


"Mendengar berita tentang Payakumbuh, orang langsung berfikir rendangnya yang, bikin penasaran. Makanya untuk memastikan kebenaran dari informasi tersebut, sekaligus ingin bertukar informasi,  untuk itu pimpinan menugaskan kami datang kesini. Semoga ilmu yang diterima nantinya bisa disampaikan ke pimpinan," tukas Kabid Halimah Tussakdiyah.


Dinas Nakerperin Kota Payakumbuh sudah memfasilitasi kami, bahkan ikut mendampingi kami melihat kampung rendang nominasi Wisata Award Nasional,"ujar bangga Halimah.


Terpisah, Kadis Nakerperin Yunida Fatwa menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari saudara setanah air dari kabupaten Tapanuli Selatan.


Diterangkan Yunida Fatwa, perijinan dan sertifikat itu sangat penting sekali disediakan bagi seluruh IKM, apalagi ini menyangkut dengan ke higienisan dari pangan tersebut


"Untuk Sentra IKM Rendang seluruh administrasi lengkap dan teruji setiap tahunnya seperti Sertifikat ISO 22000, yaitu Sistem Manajemen Keamanan Pangan Internasional Sertifikat Keamanan Pangan HACCP, Sertifikat Halal dan lain sebagainya,"ucap Yunida Fatwa


Dengan lengkapnya sertifikasi tersebut artinya untuk kebutuhan perijinan terkait dengan ekspor sudah lengkap dan secara standarisasi produk IKM Rendang juga sudah layak," terang Kadis yang akrab disapa Buk Fat ini.(ul)