Study Karya Bakti Karang Taruna Sawahlunto ke Jawa Barat, Ini Pesan Eka Wahyu -->

Study Karya Bakti Karang Taruna Sawahlunto ke Jawa Barat, Ini Pesan Eka Wahyu

Minggu, 18 Desember 2022
Kunjungan Karang Taruna Kota Sawahlunto ke Jawa Barat.


Bandung, fajarsumbar.com - Karang Taruna Kota Sawahlunto lakukan Study Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) ke Kota bandung, Jawa Barat, 7-10 Desember 2022 lalu. 


Ketua Karang Taruna Kota Sawahlunto Andri Maha Putra, SKBKT merupakan program kerja kepengurusan sebagai bentuk wujud tanggungjawab koordinasi, pembinaan dan peningkatan kapasitas antar tingkatan lembaga karang taruna kota dengan karang taruna desa/kelurahan. 


"Dengan adanya SKBKT, kami inginkan klasifikasi karang taruna desa/kelurahan bisa meningkat di Kota Sawahlunto. Sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 tentang karang taruna, dijelaskan bahwa ada 4 klasifikasi karang taruna yaitu tumbuh, berkembang, maju, percontohan," sebutnya. 


Saat ini rata-rata posisi klasifikasi karang taruna di sawahlunto itu masih karang taruna tumbuh dan sebagian menuju karang taruna berkembang. "Untuk itu kami bawa perwakilan pengurus karang taruna desa/kelurahan melihat langsung dan belajar pengembangan organisasi ke karang taruna teladan di provinsi lain," sambungnya. 


Lebih lanjut disampaikan Andri, SKBKT tahun ini mengangkat tema "Karang Taruna Berdaya, Berintelektual dengan Pendidikan Tinggi dan Peduli PPKS". Target capaiannya adalah bagaimana bisa menghadirkan karang taruna di desa/kelurahan mampu berdaya dengan kegiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) dan Rekreasi, Olahraga, Kesenian (ROK)-nya-nya.


Kemudian karang taruna juga mampu memberikan beasiswa pendidikan tinggi kepada pengurus atau warga karang taruna di kampus-kampus vokasi yang cocok dengan kearifan lokal desa/kelurahan, serta karang taruna nantinya juga lebih peduli dalam melahirkan program-program pemberdayaan sosial yang menyentuh Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). 


"Kami ingin belajar bertanggungjawab atas dana yang diberikan oleh Pemerintahan daerah untuk karang taruna. Oleh sebab itu kami tidak ingin dana APBD yang diberikan ke karang taruna menjadi sia-sia tidak memberi manfaat bagi organisasi, warga karang taruna dan pemerintahan daerah," terangnya. 


"Kalau di tahun sebelumnya kami SKBKT dengan target agar karang taruna desa/kelurahan di Sawahlunto mampu menata diri secara lembaga untuk bersaing menjadi karang taruna teladan tingkat provinsi dan Alhamdulillah hal itu terwujud dengan lahirnya karang taruna kelurahan aur mulyo sebagai juara 2 karang taruna teladan tingkat provinsi sumatera barat tahun 2021. Dan di tahun 2022 kami juga punya target untuk SKBKT sesuai yang saya sebutkan tadi," tutup Andri menyampaikan.


Sementara itu Ketua DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu menyampaikan, mewakili anggota DPRD yang telah mengalokasikan dana aspirasi pokok-pokok pikiran (Pokir) untuk karang taruna mengapresiasi yang telah kalian rencanakan di program kerja kalian tahun ini. 


Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. pasal 1 ayat 2 jelas menyatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah bersama Pemerintah Daerah (Kepala/Wakil Kepala Daerah beserta instansi dibawahnya) adalah penyelenggara urusan pemerintahan menurut asas otonomi. Serta pada pasal 1 ayat 4-nya dijelaskan bahwa lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. 


Oleh karenanya DPRD sebagai bagian dari Pemerintahan Daerah Kota Sawahlunto berdasarkan UU tersebut sudah menjalankan sebagian fungsinya dengan ikut mendukung organisasi sosial masyarakat seperti karang taruna yang aktif melalui dana aspirasi Pokir. 


"Dengan itu kami juga inginkan kalian generasi muda yang tergabung dalam karang taruna harus mampu implementasikan hasil SKBKT minimal bikin pilot project percontohan di salah satu karang taruna desa/kelurahan. Berikan kontribusi kalian bagi Pemerintahan Daerah ini baik itu dalam bentuk ide, gagasan dan kegiatan pembinaan generasi muda di kota sawahlunto. Lakukan kegiatan-kegiatan positif sehingga dapat meningkatkan kapasitas SDM generasi muda yang tergabung di karang taruna desa/kelurahan," ungkap Eka Wahyu. 


"Jika itu mampu kalian lakukan maka saya, Ibu Elfia Rita Dewi dan H. Afdal yang tahun ini mengalokasikan aspirasi dana pokir di Dinas Sosial bagi karang taruna ucapkan terima kasih karena kalian berkegiatan sudah pada jalur perencanaan yang tepat dan terukur hasilnya," Jelas Eka mengakhiri pernyataannya.


Menurut informasi Ketua Panpel SKBKT Kota Sawahlunto tahun 2022 Fajar Bratama, kegiatan SKBKT diikuti oleh pengurus karang taruna Kota Sawahlunto, pengurus Karang Taruna Desa Balai Batu Sandaran, Kelurahan Aur Mulyo serta didampingi langsung oleh Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti dan Anggota DPRD Sawahlunto Irland dan Neldaswenti bersama Sekretaris Dinas Sosial Sardiana, Kepala Desa BBS Nasirwan, Kasi Trantib Kelurahan Aur Mulyo Sutrisno. 


Lokasi yang dituju adalah Pemerintah Kota Bandung, Karang Taruna Kota Bandung, Karang Taruna Teladan Kelurahan Sukagalih Kota Bandung Jawa Barat, Kampus Vokasi milik Kementerian Sosial Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung dan milik kementerian perindustrian Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung. 


Semua lokasi tujuan telah dikunjungi dan disambut baik oleh tuan rumah. Terkhusus untuk 2 perguruan tinggi yang dikunjungi mereka siap melakukan MoU Tridharma perguruan tinggi dengan Pemerintah Kota Sawahlunto dan perjanjian kerjasama dengan karang taruna serta OPD di Kota Sawahlunto. (ton)