Tingkatkan Kompetensi Bidang Kelistrikan Siswa SMKN, PLN dan Disdik Sumbar Teken MoU -->

Iklan Atas

Tingkatkan Kompetensi Bidang Kelistrikan Siswa SMKN, PLN dan Disdik Sumbar Teken MoU

Senin, 26 Desember 2022
.


Bukittinggi – Dalam rangka meningkatkan kompetensi bidang kelistrikan generasi muda bangsa, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Barat teken perjanjian kerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Barat di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukittinggi Kota Bukittinggi pada Jumat (23/12). 


Penandanganan MoU dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Drs. Barlius, MM dan Kepala Sekolah SMKN 2 Lubuk Basung Daflis Eka Putra, S.Pd. 


Dalam acara penandatanganan tersebut, Manager PLN UP3 Bukittinggi Zulhamdi mewakili General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan antara PLN dengan Dinas Pendidikan provinsi Sumatera Barat sebagai wujud komitmen PLN untuk berperan dalam meningkatkan keterampilan dan keahlian siswa/siswi. Khususnya SMK Negeri 2 Lubuk Basung dengan bertindak sebagai pembina, pendamping sekaligus pembimbing di SMK Negeri 2 Lubuk Basung tersebut. 


“Kerja sama ini merupakan program peningkatan kompentensi dan keahlian siswa/siswi SMNK 2 Lubuk Basung dalam proses pembelajaran implementasi kurikulum merdeka. Ada beberapa program yang akan diguliran, diantaranya PLN mengajar dan praktek kerja lapangan (PKL) sehingga pihak sekolah dapat berkompetisi dalam dunia kerja,” ungkap Eric. 


Eric menambahkan, kerja sama ini bertujuan untuk melaksanakan pengembangan kompetensi peserta didik SMK sebagai calon tenaga kerja bidang ketenagalistrikan.


“PLN akan melakukan kolaborasi dengan pihak SMKN untuk ruang lingkup untuk penyempurnaan kurikulum dan proses pembelajaran bermutu, program guru tamu untuk pembelajaran materi kelistrikan, hingga program magang & pkl, sehingga siswa bisa melaksanakan program dan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku,” jelasnya lagi.  


Sementara Manager PLN UP3 Bukittinggi Zulhamdi mengungkapkan PLN siap mendukung SMKN Lubuk Basung dalam memberi mendorong pengetahuan siswa/siswi terhadap perubahan teknologi berbasis listrik, 


“Dengan adanya PKS ini dapat meningkatkan kompetensi para siswa/I sehingga siap menjawab tantangan di masa mendatang. Nantinya siswa/siswi juga akan menjadi duta PLN yang akan menyebarkan informasi mengenai manfaat produk dan layanan ketenagalistrikan PLN kepada masyarakat umum,”pungkas Zulhamdi lagi.


Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas pendidikan Sumbar Drs. Barlius, MM seraya menyambut baik dan mengapresiasi PLN atas besarnya dukungan dan perhatian kepada dunia Pendidikan Sumatera Barat.


“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan Kerjasama dari PLN dengan Dinas Pendidikan Prov Sumbar, khususnya SMKN 2 Lubuk Basung, tentu hal ini sepenuhnya kita lakukan untuk menyiapkan insan-insan masa depan yang berkualitas terbaik, professional dan siap pakai di dunia perusahaan demi kemajuan bangsa, Dengan adanya program ini semoga bisa memberikan peluang bagi SMKN bekerja di perusaahan industri kelistrikan,” ungkapnya. (rls)