Ukraina Lancarkan Serangan ke Meliotopol, Tewaskan 2 Orang -->

Ukraina Lancarkan Serangan ke Meliotopol, Tewaskan 2 Orang

Minggu, 11 Desember 2022

 

Bendera Rusia berkibar di sebuah alun-akun di Kota Meliotpol, di Wilayah Zaporizhzhia di Ukraina yang dikontrol Rusia, 13 Oktober 2022. 


KIEV - Ukraina menyerang Melitopol yang diduduki Rusia di tenggara negara itu pada Sabtu, (10/12/2022) malam, kata otoritas yang ditempatkan Rusia di kota yang berlokasi strategis itu. 


Pihak berwenang pro-Moskow mengatakan serangan rudal menewaskan dua orang dan melukai 10 lainnya, sementara walikota yang dipasang Rusia di Melitopol mengatakan puluhan "penjajah" tewas.


Reuters tidak dapat secara independen memverifikasi laporan serangan atau kematian tersebut.


"Sistem pertahanan udara menghancurkan dua rudal, empat mencapai target mereka," kata Yevgeny Balitsky, gubernur yang ditunjuk Moskow untuk bagian pendudukan wilayah Zaporizhzhia, di aplikasi perpesanan Telegram,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Dia mengatakan sebuah "pusat rekreasi" tempat orang-orang makan dihancurkan dalam serangan Ukraina dengan rudal HIMARS.


HIMARS adalah sistem rudal jarak jauh Ukraina yang diperoleh dari bantuan Amerika Serikat (AS).


Walikota yang diasingkan, Ivan Fedorov, mengatakan di saluran Telegramnya bahwa serangan itu menghantam sebuah gereja yang telah diubah oleh Rusia menjadi tempat berkumpul.


Vladimir Rogov, pejabat lain yang dipasang di Moskow di bagian Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia, mengatakan kebakaran besar yang disebabkan oleh serangan itu melanda pusat rekreasi. Dia memposting video bangunan yang terbakar.


Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Oleksiy Arestovych, mengatakan Melitopol, pusat industri dan transportasi utama yang diduduki Rusia sejak Maret, adalah kunci pertahanan selatan.


“Semua logistik yang menghubungkan pasukan Rusia di bagian timur wilayah Kherson dan sampai ke perbatasan Rusia dekat Mariupol dilakukan melalui itu,” kata Arestovych dalam sebuah wawancara video di media sosial.


"Jika Melitopol jatuh, seluruh garis pertahanan sampai ke Kherson runtuh. Pasukan Ukraina mendapatkan rute langsung ke Krimea."


Tidak ada komentar segera dari tentara Ukraina tentang serangan itu. Sebelumnya pada hari itu, komando pusat Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan telah melakukan serangan di Melitopol.(*)