UNP Lepas, 1984 Lulusan Melalui Wisuda Ke 129 Tahun 2022 -->

UNP Lepas, 1984 Lulusan Melalui Wisuda Ke 129 Tahun 2022

Minggu, 18 Desember 2022

 

.

Padang, fajarsumbar com- Universitas Negeri Padang (UNP) kembali melepas 1984 orang wisudawan/wisudawati lulusan program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor melalui wisuda ke 129 tahun 2022.

Wisuda hari peratama secara luring dan daring dalam rapat senat terbuka di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang, Minggu (18/12/2022), terdiri dari lulusan Strata Satu (SI) Fakultas Teknik sebanyak 183 orang dan Fakultas Ekonomi 195 orang, sedangkan  Magister dan Doktor 125 orang.

Wisuda hari kedua, dilaksanakan ditempat yang sama, Senin (19/12/2022), dengan jumlah wisudawan sebanyak 687 orang dan dilanjutkan hari ketiga, Selasa (20/12/202) dengan jumlah wisudawan 751 orang.

Prosesi wisuda ini, dihadiri Ketua dan Sekretaris Wali Amanat, Ketua, Sekretaris, dan Anggota Senat Kampus Universitas, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur, Ketua dan Sekretaris Lembaga, Wakil Dekan dan Wakil Direktur, Kepala Badan, Kepala Biro, Ketua ILUNI, dan Pimpinan serta Anggota Darmawanita Persatuan UNP.

Wisuda UNP hari pertama ini, juga diisi dengan orasi ilmiah dengan tema, Peluang Kemitraan antara BUMN dengan perguruan tinggi oleh Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Datuak Tumangguang Basa.

Dalam sambutanya Rektor UNP Prof Ganefri. P.hD mengatakan, tantangan ekonomi global yang transpormatif mendorong insan pendidik untuk bisa membekali lulusan dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan.

Hal ini sesuai dengan temuan Organitoon for Economic Co-operation and Development ( OECD) dan Word Evonomic Forum (WEF), bahwa generasi masa depan akan dapat bertahan dari perubahan global yang cepat.

"Dengan  membekali mahasiswa melalui kemampuan konektigitas global, maka kemampuan mahasiswa dalam penggunaan teknologi sebagai pembelajaran soft-skill dan hard-skill akan sesuai dengan pekerjaan baru," ungkap Prof Ganefri.

Disisi lain Ia menyebutkan, secara lebih spesifik dalam menghadapi tatangan dan peluang kerja abad 21, UNP melakukan revitalisasi kurikulum yang berlandaskan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki bagi calon lulusan.

"Ini merupakan upaya yang harus dilakukan UNP agar bisa menjamin kualitas lulusan melalui segitiga mutu dengan menetapkan standar penerimaan yang bertujuan untuk menjaga kualitas infus dengan spesifikasi mahasiswa berkali-kali serta berkualitas tinggi," harapnya.

Kurikulum yang disediakan harus mampu memberi ruang refleksi dan pengembangan sesuai dengan cepatnya perkembangan teknologi dan sains, begitu juga dengan skema penerapan hasil pembelajaran dalam bentuk pengalaman lapangan yang mampu menginternalisasi studinya, agar siap menghadapi dunia kerja.

Selain itu, berbagai program diimplikasikan dalam upaya mewujudkan capaian ini, seperti adanya kemudahan bagi mahasiswa dalam melakukan kegiatan diluar kampus, dalam bentuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kemudian upaya kolaborasi Universitas dengan berbagai perusahaan pemberi kerja yang siap memberikan pengalaman kepada mahasiswa, sehingga keterampilan dan kompetensi yang didapatkan dari desain kurikulum akan mampu diaplikasikan saat melakukan praktik lapangan.

Menyinggung jadwal penerimaan mahasiswa untuk 9 prodi baru di UNP, Prof Ganefri mengatakan, UNP akan menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2023 yang dibuka melalui Kampus Bermottokan Alam Takambang Jadi Guru.

Ke 9 prodi baru pada lima Fakultas dan Sekolah Pascasarjana itu, diantaranya jenjang pendidikan S1 Ilmu Hukum dan S1 Ilmu Komunikasi (FIS), S1 Teknik Geologi (FT), S1 Pariwisata (FPP), S2 Pendidikan Khusus, S2 Pendidikan Non Formal,  dan S3 Pendidikan Dasar (FIP), PPG IPS dan PPG Teknik Perminyakan (Sekolah Pascasarjana)," sembari mengakhiri sambutanya.

Di sela kegiatan wisuda UNP ke 129 Tahun 2022 ini, juga dilakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Kerja Sama (MoU) antara Direktur Utama PT Semen Padang, Ir. H. Asri Mukhtar, M.M. dan Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D.

Ditempat yang sama Rektor UNP Prof Ganefri, juga menyerahkan Surat Keputusan Program Studi (prody) Baru kepada Dekan FMIPA, FIS, FPP, FT dan Direktur Sekolah Pascasarjana.( RDz )