225 Anggota PPS se-Tanah Datar Dilantik, Harus Bekerja Secara Profesional dan Independen -->

Iklan Atas

225 Anggota PPS se-Tanah Datar Dilantik, Harus Bekerja Secara Profesional dan Independen

Selasa, 24 Januari 2023

KPU Tanah Datar melantik dan mengambil sumpah 225 anggota PPS se Tanah Datar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar melantik dan mengambil sumpah, sebanyak 225 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Tanah Datar, sekaligus pembacaan pakta integritas, yang dilaksanakan di Ballroom Emersia Hotel Batusangkar, Selasa (24/1/23).


Ketua KPU Fahrul Rozi menyampaikan ucapan selamat, atas pelantikan anggota PPS se-Kabupaten Tanah Datar Datar. "PPS yang dilantik diminta bekerja secara profesional, independen, menjaga integritas, serta penuh tanggung jawab, dan bekerja secara maksimal, yang berpedoman pada undang-undang yang berlaku," sampainya. 


Fahrul Rozi berpesan, bagi PPS yang baru dilantik untuk menyatukan persepsi, dalam melaksanakan tugas dan wewenang, serta menanamkan dan menunbuhkembangkan integritas dalam diri masing-masing. "Kejujuran, kedisiplinan, keprofesionalan, dan hindari sikap yang berpotensi terjadinya pelanggaran, yang berefek pada KPU Kabupaten, Provinsi bahkan KPU RI," pesannya. 


"Satukan persepsi, jangan kita sudah dilantik tapi tidak tahu apa yang akan kita kerjakan. Kalau ada yang kurang diketahui segera dikonsultasikan dengan PPK, karena PPS itu perpanjangan tangan dari KPU, dan jadikan momen ini sebagai islah antar sesama," tambah Ketua KPU. 


Sementara itu, Sekretaris Dinas Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Andrianto, yang mewakili Bupati Tanah Datar mengatakan, tantangan kerja PPS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.


Sebab, pada 2024 mendatang Indonesia akan melaksanakan perhelatan politik besar, seperti pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan juga Pemilihan Kepala Daerah Serentak.


"Untuk itu kepada peserta yang telah dilantik agar bekerja secara propesional, independen, serta jalin koordinasi dengan penyelenggara dan pihak terkait di wilayah masing-masing, agar terjalinnya sinergitas yang bermuara pada kelancaran Pemilu. Jadikanlah pelantikan ini sebagai amanah dan janji pada Allah SWT," kata Andrianto.


Andrianto katakan lagi, adapun penilaian ataupun tolok ukur dalam Pemilu, adalah tingkat keberhasilan dan partisipasi masyarakat. Oleh sebab itu, pelantikan PPS menjadi penting dan strategis, terutama dalam penyiapan personil yang akan terlibat pada Pemilu mendatang.


"Kita yakin, Pemilu akan berhasil apabila petugas yang terlibat, melaksanakan tugas sesuai fungsi dan kewajibannya dengan baik, dan bekerjasama dengan harmonis," kata Andrianto.


Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, Ketua Bawaslu Tanah Datar dan undangan lainnya. (F12)