Aktivitas Gunung Dieng: 103 Kali Gempa Lokal, Asap Putih Membubung 50 Meter -->

Iklan Atas

Aktivitas Gunung Dieng: 103 Kali Gempa Lokal, Asap Putih Membubung 50 Meter

Minggu, 29 Januari 2023

 

Asap putih di kawah Sileri membubung 50 meter. Warga diminta waspada potensi bahaya erupsi. 




BANJARNEGARA - Aktivitas Gunung Dieng di Banjarnegara masih berstatus Waspada. Tercatat lebih dari 100 kali gempa di area kawah Sileri.


Pemantauan terhadap dua kawah yaitu kawah Timbang dan kawah Sileri masih terus dilakukan oleh Pos Pengamatan Gunung Api Dieng,sebagaimana dikutip iNews.id.


Status Waspada dengan angka kegempaan yang meningkat membuat potensi bahaya erupsi atau letupan freatik.


Hasil pemgamatan kegempaan untuk sekitar kawah Sileri tercatat 103 kali gempa tektonik lokal dan 1 kali gempa tektonik jauh. Sementara secara visual asap putih masih membubung dengan ketinggian mencapai 50 meter.


Zona bahaya untuk kawah Sileri ditetapkan. Warga dilarang beraktivitas dalam radius 1.000 meter dari bibir kawah Sileri,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Dieng, Surip, Minggu (29/1/2023).


“Dua kawah yaitu kawah Sileri dan kawah Timbang saat ini ditutup. Sementara kawah Sikidang dan kawah lain di objek wisata Dieng aman dikunjungi oleh wisatawan,” katanya.


Rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), warga dilarang beraktivitas di zona 1.000 meter kawah Sileri dan 500 meter kawah Timbang.


Warga juga diminta waspada terhadap kawah Sileri yang berpotensi terjadi erupsi freatik berupa semburan lumpur atau lontaran material.(*)