Amankan Perayaan Imlek, Polres Belitung Siagakan 80 Personel di Kelenteng dan Vihara -->

Amankan Perayaan Imlek, Polres Belitung Siagakan 80 Personel di Kelenteng dan Vihara

Sabtu, 21 Januari 2023
Kabag Ops Polres Belitung, Kompol Iman Teguh. 



BELITUNG – Polres Belitung menerjunkan 80 personel guna mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Puluhan personel tersebut disiagakan di sejumlah kelentengdan vihara.


“Sebanyak 80 personel Polres Belitung akan disebar dan ditugaskan guna mengamankan malam Imlek 2574 Kongzili di sejumlah kelenteng dan vihara setempat,” kata Kabag Ops Polres Belitung, Kompol Iman Teguh, Sabtu (21/1/2023), sebagaimana dikutip iNews.id.


Dia mengatakan keempat kelenteng dan vihara yang mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari Polres Belitung yakni Kelenteng Hok Tek Che, Kelenteng Kwan Nyim 28, Kelenteng, Vihara Budha Mudita Maitreya, dan Vihara Tagatha.


"Masing-masing kelenteng dan vihara kami tempatkan sebanyak 10-15 personel kepolisian dari unsur gabungan, baik Satuan Intelkam, Reskrim, Sabhara dan Lalu Lintas," ucapnya.


Menurut dia, pengamanan tersebut dilakukan agar warga keturunan Tionghoa di daerah itu dapat melaksanakan kegiatan ibadah dan persembahyangan Tahun Baru Imlek dengan aman dan tenang.


Selain itu personel kepolisian juga ditugaskan melakukan pemantauan di sejumlah titik keramaian atau tempat berkumpulnya masyarakat pada malam Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.


“Titik kumpul masyarakat pada malam Tahun Baru Imlek di antaranya adalah kawasan Bundaran Tugu Satam dan pantai wisata Tanjung Pendam,” ujarnya.


Dia memastikan, kepolisian siap memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat di daerah itu dalam merayakan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.


"Kami telah memetakan dan mengantisipasi potensi ancaman dan gangguan keamanan pada perayaan malam Imlek," tuturnya.


Dia mengimbau masyarakat dapat bersama-sama menjaga kondisi kamtibmas dalam merayakan malam Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili.


"Sehingga kondisi tetap kondusif dan kita bersama merayakan Tahun Baru Imlek dengan aman dan damai," katanya.(*)