Apriyani/Fadia ke Semifinal Malaysia Open 2023 usai Kalahkan Jagoan Korsel -->

Apriyani/Fadia ke Semifinal Malaysia Open 2023 usai Kalahkan Jagoan Korsel

Jumat, 13 Januari 2023

 

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti ke semifinal Malaysia Open 2023.




KUALA LUMPUR – Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, menang di perempat final Malaysia Open 2023. Mereka menggilas jagoan Korea Selatan, Kim So Hyeong/Kong Hee Yong dua gim langsung dengan skor 22-20 dan 21-15 dalam waktu 62 menit. 


Dengan hasil tersebut, Apriyani/Fadia melangkah ke semifinal turnamen Super 1000 itu. Selanjutnya mereka akan berhadapan dengan unggulan pertama asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan,sebagaimana dikutip iNews.id.


Mentas di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (13/1/2023) siang WIB, Prifad –sebutan Apriyani/Fadia- memulai pertandingan dengan percaya diri dan langsung memimpin 4-2. Namun Kim/Kong bisa bangkit dengan cepat untuk berbalik unggul 5-4. 


Setelah itu, kedua pasangan saling kejar-kejaran angka hingga menginjak angka 8-8. Namun, serangan bertubi-tubi yang dilancarkan pasangan Merah-Putih membuat mereka mendapat tiga poin tambahan untuk mencapai interval gim pertama dengan keunggulan 11-8.


Usai rehat, Apriyani/Fadia bisa menjaga keunggulan mereka hingga menginjak angka 16-14. Akan tetapi, beberapa kesalahan mereka buat sehingga lawan yang berstatus sebagai duet ranking tujuh dunia itu berbalik unggul 18-17 sebelum akhirnya skor kembali imbang di angka 20-20.


Untungnya, Prifad bermain sangat baik di poin-poin kritis. Variasi serangan bola-bola mendatar dan smash keras berhasil membuat mereka mendapat dua poin tambahan untuk mengamankan gim pertama dengan kemenangan 22-20. 


Pertarungan sengit kembali tersaji di gim kedua dengan jual beli serangan yang diperagakan kedua pasangan yang membuat skor imbang terjadi di angka 4-4. Sayangnya, pertahanan duet Pelatnas Cipayung bisa dijebol secara beruntun sehingga Kim/Kong menjauh dengan keunggulan 7-4.


Tak menyerah begitu saja, Prifad menunjukkan perjuangan yang luar biasa. Lewat permainan ciamik dalam duel rally-rally panjang mereka bisa menyamakan kedudukan di angka 9-9 dan kemudian berbalik unggul 11-9 saat interval berkat serangan mematikan yang dilancarkan Apriyani. 


Setelah sempat tertinggal 6-9, perolehan poin beruntun pasangan ranking 11 dunia itu berlanjut selepas jeda hingga mendapat 10 poin beruntun untuk memimpin 16-9.  Meski Kim/Kong sempat mendekat lagi di angka 18-15, Prifad sukses mengunci kemenangan mereka di gim kedua dengan skor 21-15.(*)