BMKG Catat Jayapura Diguncang 285 Gempa Susulan, Warga Diminta Waspada -->

Iklan Atas

BMKG Catat Jayapura Diguncang 285 Gempa Susulan, Warga Diminta Waspada

Rabu, 04 Januari 2023

 

BMKG mencatat 285 gempa susulan mengguncang Jayapura setelah dilanda gempa magnitudo 4,9 pada Senin (2/1/2023) dini hari.




JAYAPURA  - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mencatat 285 kali gempa susulan hingga Rabu pukul 14.30 WIT. Gempa susulan tersebut terjadi setelah Jayapura diguncang gempa magnitudo 4,9 pada Senin (2/1/2023) pukul 03.24 WIT. 


"Gempa bumi susulan hingga kini masih melanda Kota Jayapura, di mana berdasarkan data terakhir telah terjadi gempa pada Rabu, 4 Januari 2023, pukul 14.30 WIT, dengan kekuatan 4,9 magnitudo," kata Koordinator Observasi BBMKG Wilayah V Jayapura Danang Pamuji di Jayapura, Rabu (4/1/2023).


Dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada mengantisipasi dampak gempa yang terjadi. Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Wiliam R Manderi meminta warga memastikan tempat tinggal dalam keadaan aman ketika hendak bepergian. Upaya itu demi meminimalisasi dampak gempa yang terjadi,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Pastikan aliran listrik telah dimatikan, kemudian kompor juga, karena dengan adanya situasi tersebut sangat memungkinkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.


Dia juga mengimbau warga di daerah pegunungan mewaspadai kemungkinan tanah longsor yang melanda permukiman imbas gempa.(*)