Bupati dan Ketua DPRD Lepas Ribuan Gerak Jalan Kerukunan di Kankemenag Lima Puluh Kota -->

Bupati dan Ketua DPRD Lepas Ribuan Gerak Jalan Kerukunan di Kankemenag Lima Puluh Kota

Sabtu, 14 Januari 2023
.


Sarilamak, fajarsumbar.com -- Sebagai penutup rangkain peringatan hari Amal Bhakti Ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia. Kementerian Agama Lima Puluh Kota (14/01) mengelar Gerak Jalan Kerukunan yang diikuti oleh ribuan peserta lintas agama. Kegiatan Gerak Jalan Kerukunan secara resmi dilepas oleh Bupati Lima Puluh Kota, Ketua DPRD Lima Puluh Kota dan Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota yang dihadiri oleh, Kapolres Lima Puluh Kota, Ketua PA Tanjung Pati, Ketua PN Tanjung Pati, Anggota DPRD Lima Puluh Kota, Camat Kecamatan Harau, Pimpinan Baznas Lima Puluh Kota, Ketua MUI Lima Puluh Kota, Ketua FKUB Lima Puluh Kota serta tokoh masyarakat dan tokoh agama luak nan bungsu.


H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutanya menjelaskan, “Gerak Jalan Kerukunan merupakan kegiatan penutup dari seluruh rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti Ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia, dimana rangkaian kegiatan HAB ke-77 telah dimulai dari awal Desember yang lalu dengan berbagai perlombaan baik antar ASN Kemenag, Peserta Didik Madrasah dan juga perlombaan antar OPD Se-Kabupaten Lima Puluh Kota. 


Disamping kegiatan perlombaan Kemenag Lima Puluh Kota juga telah melaksanakan kegiatan peduli kemanusia dalam bentuk ajang sana dan berbagi ke berbagai panti asuhan yang ada di Lima Puluh Kota, puncaknya adalah Upacara HAB ke-77 yang telah sukses dihelat di MTsN 3 Lima Puluh Kota pada tanggal 3 Januari yang lalu, terang H.Irwan.


Terkait dengan Gerak Jalan Kerukunan H.Irwan menjelaskan,”Sesuai dengan tema HAB Ke-77 tahun ini “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”. Filosofi kerukunan merupakan modal dasar dalam membangung daerah, gerak jalan kerukunan ini adalah bagian dari syiar bagi masyarakat Lima Puluh Kota untuk terus menjaga semangat kerukunan hidup umat beragama, yang dilandasi semangat toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya masing-masing dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.”simpul Kakan Kemenag.


Sementara itu Deni Asra Ketua DPRD Lima Puluh Kota menyampaikan, “Atas nama pribadi dan pimpinan DPRD mengucapkan selamat dan sukses atas pelaksanaan kegiatan Gerak Jalan Kerukunan yang hari ini dihadiri oleh ribuan peserta lintas agama, kegiatan ini menjadi bukti nyata, bahwa masyarakat Lima Puluh Kota hidup rukun dalam semangat toleransi yang tinggi ditengah-tengah kemajemukan yang ada, oleh sebab itu semangat kerukunan seperti ini perlu kita jaga dan pertahankan dalam upaya mewujudkan kehidupan umat beragama yang kondusif di daerah yang kita cintai ini,” harap ketua DPRD.


Bupati Lima Puluh Kota diwakili Asisten III A. Zuhdi Perama Putra dihadapan awak media menjelaskan, “Pemerintah Daerah memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung berbagai program strategis yang ada di Kementerian Agama, hal tersebut merupakan bagian dari ikhtiar bersama mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah khususnya dalam bidang ke-agamaan. Oleh sebab itu kegiatan gerak jalan kerukunan ini merupakan kegiatan startegis yang diharapkan dapat menjadi wadah merawat serta  memeprkokoh kerukunan umat beragama di Lima Puluh Kota, “harapnya. 


Kegiatan gerak jalan kerukunan mengambil rute start dari halaman Kemenag Lima Puluh Kota menelusuri keindahan alam jalan Pulutan menuju Simpang Ampek Tanjung Pati, selanjutnya kembali ke halaman Kantor Kemenag Lima Puluh Kota. Dimana panitia telah menyiapkan ribuan doorprize yang akan dibagikan kepada peserta. “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”.(ul)