Bupati Khairunas Sampaikan Capaian Keberhasilan Saat Sidang Paripurna HUT Solsel ke-19 -->

Iklan Atas

Bupati Khairunas Sampaikan Capaian Keberhasilan Saat Sidang Paripurna HUT Solsel ke-19

Sabtu, 07 Januari 2023
Bupati Solok Selatan. H. Khairunas, saat berpidato dalam rangka HUT Solok Selatan ke 19, Paripurna DPRD di Golden Arm


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok Selatan, yang telah membatu Pemerintah Daerah (Pemda) Solok Selatan, (Solsel) dalam segala aspek membangun Labuoaten ini. 


Kemudian juga kami ucapkan terima kasih dan perhargaan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Solok Selatan yang terhormat atas penyelenggaraan Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka memperingati hari jadi ranah Sarantau Sasurambi yang kita cintai ini.


Hal ini disampaikan dalam pidato resminya Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat  Memperingati Hari Ulang Tahun Kabulaten Solok Selatan ke 19 di ruang pertemuan DPRD Solok Selatan. Sabtu (7/1/2023).


Khairunas mengatakan, secara filosofis memilki tiga makna yaitu: Peringatan Hari Ulang Tahun mengingatkan kita untuk melihat masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang sangat bernilai sebagai referensi, menapaki masa kini dan masa depan.


Peringatan Hari Ulang Tahun kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau intropeksi diri terhadap setiap tahapan perjalanan dan pencapaian kehidupan sehingga kita bisa menjadi responsif terhadap tantangan ke depan. 


Perayaan Hari Ulang Tahun kita jadikan dasar untuk mendesain atau merancang formula masa depan berlandaskan kolaborasi dengan semangat SuperTeam.


Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi menerima kue ulang tahun ke 19 dari ketua  DPRD Solok Selatan disaksikan Bupati, Ketua TP PKK, Staf Ahli Bidang Politik kantor Gubernur, Kapolres.


Sebagai masyarakat Solok Selatan kita wajib bersyukur dengan menjadikan  hari kelahiran Solok Selatan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja kerja produktif demi meraih cita cita dan harapan akan masa depan  yang lebih baik.


Dan juga yang terus kita ingat, terus kita sampaikan terimakasih dan rasa hormat atas kerja keras dan tetesan keringat serta perjuangan tokoh pemekaran dan para pemimpin daerah yang pernah memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap perkembangan daerah ini. 


Spirit ini mendorong Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan pada ulang tahun ke 19 mengambil tema “Ayo kita melompat, menuju Solok Selatan yang Maju dan Sejahtera. Tema ini hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bersama sama mengukir dan sama-sama berperan sesuai dengan bidangnya dalam mendorong kemajuan Kabupaten Solok Selatan terutama dalam mewujudkan masyarakat  agar bisa sejajar dengan Kabupaten Kota di Sumatera Barat Khususnya dan Indonesia pada umumnya. 


Tahun 2023, merupakan awal periode tahun ketiga Kami memimpin Kabupaten Solok Selatan. Dilantik pada tanggal April 2021 yang lalu, dua tahun memimpin kabupaten yang masih tertinggal dalam berbagai sektor bukanlah sesuatu yang mudah. 


Lompatan demi lompatan besar di lakukan untuk perubahan yang signifikan di berbagai sektor dan bidang di Solok Selatan. Visi dan misi yang dituangkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang menjadi pijakan lompatan tersebut satu persatu telah dijalankan dan akan terus dituntaskan. 


Izinkan kami sekilas menyampaikan gambaran umum pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2022 Misi I:  Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter, produktif dan kompetitif. 


Misi ini menitikberatkan kepada penciptaan peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang berdaya saing dengan fokus utama adalah peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, derajat kesehatan masyarakat dan penyediaan tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing dalam peningkatan produktifitas tenaga kerja. 


Dilihat dari perkembangan Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Solok Selatan mengalami peningkatan yaitu dari 69,21 Point tahun 2021 menjadi 69,71 Point pada tahun 2022. 


Peningkatan ini diikuti oleh peningkatan indikator pendukung nya seperti disektor pendidikan Rata-rata Lama Sekolah meningkat dari 8,32 tahun menjadi 8,41tahun, Harapan Lama Sekolah meningkat dari 12,72 tahun menjadi 12,73 tahun.

 

Disektor kesehatan indikator Umur Harapan Hidup mengalami peningkatan dari 68,01 tahun menjadi 68,38 tahun. Disektor kesejahteraan masyarakat indikator pengeluaran perkapita disesuaikan mengalami peningkatan dari Rp. 863.916 orang/bulan menjadi Rp 880.000,- orang/bulan.


Peningkatan ini tidak terlepas dari realisasi beberapa program unggulan antara lain: Sektor Pendidikan yaitu Penyediaan seragam sekolah gratis di berbagai tingkat SD, SMP, SMA dan sekolah dibawah naungan kementerian agama dengan total 19.964 (Sembilan Belas Ribu Sembilan ratus enam puluh empat) stel seragam. 


Bupati, Wakil Bupati beserta pejabat lainya disambut panitia menuju ruang sidang Paripurna


Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan Beasiswa serta Bantuan Perguruan Tinggi bagi siswa berprestasi di tahun 2022 sebanyak 246 Siswa dan Mahasiswa yang berasal dari Solok Selatan. Selain itu pemerintah juga melakukan peningkatan SDM kepala sekolah dan guru; peningkatan kualitas proses belajar-mengajar di sekolah melalui Sekolah Penggerak serta terus melakukan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan seperti Ruang kelas, Labor, Pustaka, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Alat Permainan Edukatif (APE) serta prasarana pendukung lainnya.


Sektor pendidikan keagamaan yaitu program Satu Jorong Satu Rumah Tahfidz yang dalam kurun waktu sampai tahun 2022 ini, sudah terdapat sebanyak 378 Rumah Tahfidz Quran di Solok Selatan dengan kriteria 274 Rumah Tahfidz binaan, serta 104 rumah tahfidz quran mandiri.


Sektor kesehatan, selama tahun 2022 ini pula, capaian UHC (Universal Health Coverage) atau Kepesertaan BPJS penduduk Solok Selatan tembus mencapai 89,18% dari total jumlah penduduk sebanyak 182.181 jiwa. Itu berati, kurang lebih sebanyak 162.465 penduduk Solok Selatan telah tercover BPJS.


Peningkatan ini diikuti oleh peningkatan layanan sarana dan prasarana melalui pengoperasian Rumah Sakit Pratama, rehabilitasi dan peningkatan sarana dan alat kesehatan Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah serta sosialisasi kesehatan yang menyentuh sampai ke tingkat pemerintah terendah melalui program Puskesmas sehatkan Nagari.


Sektor Ketenagakerjaan, total sudah sebanyak 224 orang usia angkatan kerja yang dilatih serta 47 usaha yang dipelopori pemuda yang sudah dibina untuk menjadi wirausaha muda. Ini merupakan wujud nyata dalam usaha peningkatan produktivitas tenaga kerja di Solok Selatan.


Misi II: Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dan Daya Saing Daerah.  Misi ini menitikberatkan kepada pengembangan ekonomi kerakyatan untuk dijadikan penopang utama perekonomian daerah serta peningkatan daya saing produk-produk daerah dalam upaya peciptaan kemandirian dan swasembada daerah.


Keberhasilan dari misi ini dapat dilihat dari penurunan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran di Kabupaten Solok Selatan.  Untuk tingkat kemiskinan  pada tahun 2021 sebesar 7,52 dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 13.410 orang dan mengalami penurunan pada tahun 2022 menjadi sebesar 6,51% dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 11.810 orang. Disisi ketenagakerjaan terjadi penurunan. 


Tingkat Pengangguran dari 4,84% pada tahun 2021 dan mengalami penurunan pada tahun 2022 menjadi 3,71%. Penurunan ini tidak terlepas dari realisasi beberapa program unggulan antara lain:. Disektor Pertanian yaitu Program SUKA SAPI sampai tahun 2022 telah menyalurkan sebanyak 791 ekor Sapi kepada 25 kelompok. Selain itu untuk mengurangi beban biaya produksi petani melalui program pemberian bibit tanaman, pupuk, alsintan dan pembinaaan kelompok petani. 


Di sektor perikanan juga tidak luput dari perhatian pemerintah Kabupaten Solok Selatan, total 870 orang pembudidaya ikan mendapat bantuan benih ikan selama tahun 2022, naik dari tahun sebelumnya 2021 sebanyak yang baru 802 pembudidaya ikan.



Disektor perdagangan dan UMKM pemerintah daerah telah membina sebanyak 320 UMKM telah dibina, dan memberikan bantuan stimulus terhadap  49 UMKM naik dari tahun sebelumnya yang baru dibantu 20 UMKM.


Misi III:  Penguatan tata kelola pemerintahan yang baik dan melayani. Penerapan tata kelola pemerintahan yang baik, diwujudkan melalui penciptaan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), pelayanan publik yang berkualitas, serta kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi yang tinggi. Ketiganya merupakan prasyarat keberhasilan pembangunan daerah.


 Pemerintahan yang baik akan meningkatkan pengelolaan sumber daya pembangunan yang akuntabel, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menumbuhkan kepercayaan masyarakat.


Peningkatan kedisiplinan ASN dengan membangun aplikasi SIMPEG dan SIMANJA yang secara ketat dan terintegrasi dapat mengawasi sekaligus mengevaluasi kinerja pegawai di Solok Selatan. 


Inovasi tersebut membawa Pemerintah Kabupaten Solok Selatan meraih penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada kategori Implementasi Manajemen Kinerja tahun 2022. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dianggap mampu melakukan manajemen kinerja yang meliputi perencanaan kinerja, pembinaan kinerja, penilaian kinerja, evaluasi kinerja, dan pelaporan kinerja dengan sangat baik.


Dari sisi keuangan, realisasi Pendapatan Daerah terjadi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang sangat signifikan karena melebihi target yang tetapkan yaitu pada tahun 2022 mencapai 120,62% atau sebesar Rp.89.122.905.619 (Delapan Puluh Sembilan milyar, Seratus dua puluh dua juta, Sembilan ratus lima ribu, enam ratus Sembilan belas rupiah), dari target sebesar Rp. 73.885.025.00 (Tujuh Puluh Tiga Milyar, delapan ratus delapan puluh lima juta, dua puluh lima ribu rupiah). 


Sedangkan dari segi belanja daerah, terdapat kenaikan anggaran belanja sebesar Rp.43.235.991.031,37 (empat puluh tiga miliar dua ratus tiga puluh lima juta sembilan ratus sembilan puluh satu ribu tiga puluh satu rupiah dan tiga puluh sen), yang setara dengan 4,70% (empat koma tujuh puluh persen), dengan nilai Rp.962.869.500.804,37  (sembilan ratus enam puluh dua miliar delapan ratus enam puluh sembilan juta lima ratus ribu delampan ratus empat rupiah dan tiga puluh sen).


Sedangkan realisasi belanja mencapai 91,01% (sembilan puluh satu koma nol satu persen) atau sebesar Rp.876.282.812.384,38 (delapan ratus tujuh puluh enam miliar dua ratus delapan puluh dua juta delapan ratus dua belas ribu tiga ratus delapan puluh emapat rupiah dan tiga puluh delapan sen). Realisasi ini menunjukan efektifitas pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan, karena ditengah kondisi ekonomi yang lesu, sederet prestasi justru dapat dicapai dengan melakukan efisiensi untuk jenis belanja tertentu demi merealisasikan visi dan misi Kepala Daerah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Solok Selatan Tahun 2021-2026.  


Usaha dan kerja keras yang dilaksanakan berimplikasi terhadap Capaian prestasi-prestasi dan perbaikan kinerja pelayanan pemerintah yang di raih oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan di tahun 2022 antara lain. 


Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ke 6 Kali nya secara berturut-turut dari BPK RI 

Penghargaan Pemerintah Daerah dengan Peningkatan Skor Indeks Pencegahan Korupsi tertinggi se-Sumatera Barat dari KPK RI dengan nilai 73,59%.


Predikat Kepatuhan atas Penerapan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 dari Ombudsman dengan Predikat Tinggi pada Zona Hijau dengan nilai 78,34.

Penghargaan BUKA Award 2022 kepada Bupati Solok Selatan atas Keterbukaan Informasi Publik dari Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP). Peringkat 5 Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja Pemerintah Kabupaten Wilayah Barat Tipe Kecil dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI.


Peringkat 6 (enam) dari 19 Kabupaten/Kota Se- Sumatera Barat  atas Penilaian KI Sumatera Barat dalam Hal Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik Tahun 2022 dari Komisi Informasi Sumatera Barat dengan nilai 83,21. Peringkat ke 6 dari Kabupaten/Kota se Sumatera Barat atas pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah pada klaster kemampuan keuangan rendah dengan nilai 68,60%.


Peringkat 9 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat atas penilaian inovasi daerah dengan predikat daerah Inovatif, ini merupakan lompatan besar dari sebelumnya ditahun 2021 kita berada di peringkat 19 dengan predikat daerah kurang inovatif.

Penghargaan Penerbitan sertifikat Pemerintah Daerah terbanyak dari KPK RI. Juara I Lomba BUMNag Berprestasi TK Privinsi Sumatera Barat oleh BUMNag Madani Lubuk Malako. 


Misi IV:  Pembangunan infrastruktur kawasan pertumbuhan, pelestarian lingkungan hidup dan mitigasi bencana  sebagai  upaya mencapai misi ini, telah dilakukan beberapa program yang berperan dalam menopang tercapainya misi lainnya.


Adapun fokus utama dalam menjalankan misi adalah Percepatan pembangunan innfrastruktur Kawasan pertumbuhan, serta rehabilitasi dan rekonstruksi prasarana pasca bencana.


Dalam hal program pembangunan di kawasan pertumbuhan, beberapa pembangunan telah dilaksanakan di tahun 2022 antara lain Pengembangan Gedung dan Landscape Kantor Bupati, pembenahan kawasan perkantoran, serta pembangunan perpustakaan dan Tugu Pemekaran sebagai simbol perjuangan para pendiri Kabupaten Solok Selatan.


Selanjutnya dalam upaya Peningkatan infrastruktur dikawasan pertumbuhan, juga telah dilakukan beberapa pembangunan atau peningkatan jalan strategis antara lain, Peningkatan Jalan Sungai Sungkai-Log Batu Sandi (Batas Dharmasraya), Rekonstruksi/ Peningkatan Kapasitas Jalan Sei. Kapur-Simancuang, Peningkatan Jalan Kec. Sei Pagu, Pauh Duo dan KPGD, Rehabilitasi Jalan Simp. Lampu Merah Padang Aro, Lanjutan Pembangunan Jembatan Gantung Kampung Tarandam, Lanjutan Pembangunan Jembatan Buluh Kasok, Lanjutan Peningkatan Jalan Poros Kantor Bupati, serta pembenahan Trotoar dan Drainase  perkotaan, dan terdapat pula pekerjaan fisik lainnya yang juga menunjang "wajah ibukota" yakninya finalisasi RTH Solok Selatan. 


Dalam hal mitigasi dan penanganan kebencanaan dilakukan beberapa kegiatan yaitu normalisasi Sungai Pangkua dan Batang Bangko serta pembangunan Jembatan Sungai Pangkua dan Jembatan Gantung Talantam. Selain itu, peningkatan infrastruktur dasar masyarakat terus dilakukan berupa penyediaan sanitasi, air minum serta perumahan layak huni bagi masyarakat. Dalam hal menunjang percepatan layanan terutama dalam hal penyediaan infrastruktur dan penanganan kebencanaan pemerintah daerah telah memenuhi 3 (tiga) dari 7 (enam) unit eskavator yang telah dijanjikan.


 Misi V: Pelestarian seni, budaya, olahraga dan penanganan permasalahan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Pada tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menetapkan Hot Water Boom Sapan Maluluang, Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta Goa Batu Kapal sebagai destinasi wisata prioritas Kabupaten Solok Selatan. 


Pengembangan destinasi wisata tersebut telah diintegrasikan dengan beberapa Event & Festival seperti Festival Sarantau Sasurambi Balimau, Festival Durian, serta Gowes & Car Free Day yang rutin diselenggarakan. Kebijakan ini diharapkan berdampak langsung terhadap pengembangan perekonomian masyarakat terutama kepada sektor UMKM di Solok Selatan.


Dalam rangka optimalisasi pembangunan di Solok Selatan, Pemerintah menggaet Perusahaan serta stakeholder lainnya guna  memaksimalkan CSR untuk diserahkan kepada masyarakat dalam bentuk program maupun bantuan langsung. Selain itu, untuk mengurangi angka kemiskinan, Pemerintah juga memberikan Bantuan Sosial kepada PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial) yang ada di Solok Selatan.


Tamu, dan Undangan yang Saya Banggakan. Kemudian memasuki tahun 2023 ini, Kami paparkan Arah Kebijakan yang akan kami laksanakan antara lain : Pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, peningkatan derajat Kesehatan Masyarakat serta produktifitas tenaga kerja. Pembangunan bidang ekonomi melalui peningkatan pengelolaan dan hilirisasi sumber daya alam serta pengembangan ekonomi kreatif.


Meningkatkan Pelayanan Birokrasi Pemerintahan melalui peningkatan tata kelola pemerintahan efektif, efisien, transparan dan akuntabel dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pengembangan kawasan pertumbuhan dan mitigasi bencana melalui penyediaan dan pemerataan ketersediaan infrastruktur daerah dan pusat-pusat pertumbuhan. 


Selanjutnya dalam spektrum yang lebih sempit dan spesifik implementasi arah kebijakan tersebut telah diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah sesuai Program Unggulan Daerah yang selaras dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Daerah dan Indikator Kinerja Kunci (IKK) Daerah antara lain:


Dibidang pendidikan melalui Penyedian bantuan seragam gratis, peningkatan kualitas dan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan serta optimalisasi peran rumah tahfiz di setiap jorong. Dibidang Kesehatan melalui Peningkatan kepemilikan jaminan kesehatan (total coverage) melalui program pemerintah sebanyak 48.635 jiwa, Peningkatan ketersediaan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, serta penanggulangan stunting dengan pola kolaborasi. Dibidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penanganan kemiskinan ekstrim diwujudkan melalui Program SUKA SAPI berserta prasarana pendukungnya dengan total anggaran sebesar Rp. 11,4 milyar.


Bantuan dan Pembinaan bagi UMKM sebesar Rp 1,4 Milyar, serta beberapa kegiatan tekait dengan pemanfaatan inovasi teknologi hasil komoditi pertanian untuk tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan. Dibidang Sosial dilakukan melalui penyediaan Bantuan Sosial dan alat bantu bagi masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) sebesar Rp. 5,4 Milyar. 


Dibidang pemerintahan dilakukan melalui penyederhanaan birokrasi dalam bentuk perampingan Perangkat Daerah dan digitalitasi birokrasi antara lain, tanda tangan elektronik, peningkatan kualitas sarana dan prasarana  serta inovasi pelayanan publik. Dibidang penyediaan infrastruktur melalui penyediaan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana kawasan pusat pemerintahan, perekonomian dan pusat-pusat pertumbuhan dan kawasan Ibu Kota  serta  mitigasi bencana dengan beberapa kegiatan strategis antara lain. 


Lanjutan Pembangunan Kantor Bupati, tugu pemekaran, dan gedung serbaguna dengan anggaran total sebesar Rp. 10,9 Milyar. Pembangunan, peningkatan, dan  Jalan dan Jembatan  di Kawasan Pertumbuhan dan penataan Ibukota dengan anggaran sebesar Rp. 58,4 Milyar.


Ramai, undangan dan oeserta Paripurna HUT Kabupaten Solok Selatan ke 19 dibanjiri tamu undangan, termasuk hadirnya. semua anggota DPRD Solok Selatan.


Pemeliharaan rutin dan berkala Jalan dan Jembatan dengan Total Anggaran Rp. 2.6 Milyar. Penyediaan Sarana Sistem Drainase Perkotaan dengan anggaran total Rp.5.4 milyar. Peningkatan dan rehabilitasi Jaringan Irigasi Permukaan serta Pemeliharaan Bendung Irigasi dengan anggaran Rp. 2.5 Milyar. Pembangunan Bangunan Perkuatan Tebing dan Normalisasi/ Restorasi Sungai dalam rangka mitigasi kebencanaan dengan anggara total sebesar Rp. 1.2 Milyar. 


Pengadaan Prasarana Pendukung layanan terutama dalam hal penyediaan infrastruktur dan penanganan kebencanaan melalui pengadaan Alat Besar seperti (Excavator, motor grader, vibro roller, trado dan 3 unit Dump Truck dengan anggaran total Rp. 7,9 Milyar. Serta Ganti Rugi Tanah untuk Pembangunan Fasilitas Umum dan Perkantoran dengan Total Anggaran Rp. 10.500.000.000,- (Sepuluh Koma Lima Milyar). 


Selain itu di Tahun 2023 Solok Selatan ditunjuk menjadi Tuan Rumah MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat dan Tuan Rumah Grand Final Pemilihan Duta Wisata Tingkat Provinsi Sumatera Barat, ini akan menjadi peluang bagi kita untuk mempromosikan Solok Selatan. Kami berharap kita semua bersama-sama mensukseskan event ini sesuai dengan semangat kerja Super Team.


Sebelum saya mengakhiri pidato ini, perkenankan kembali saya menghimbau kepada seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dan komponen masyarakat untuk bersama-sama saling bahu-membahu membangun Kabupaten Solok Selatan dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi dengan semangat bekerja Superteam untuk melompat menuju Solok Selatan maju dan sejahtera. (Abg/adv)