Bupati Resmikan Kantor Wali Nagari dan Kukuhkan Pengurus KAN Padang Laweh Malalo -->

Iklan Atas

Bupati Resmikan Kantor Wali Nagari dan Kukuhkan Pengurus KAN Padang Laweh Malalo

Minggu, 22 Januari 2023

Bupati Eka Putra foto bersama pengurus KAN Padang Laweh Malalo

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM meresmikan pemakaian Kantor Wali Nagari Padang Laweh Malalo, sekaligus menghadiri pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padang Laweh Malalo, Sabtu (21/1) yang dilaksanakan secara bersamaan di Gedung Serbaguna SMPN 2 Batipuh Selatan. 


Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Nagari Padang Laweh Malalo, beserta seluruh masyarakatnya yang telah mempersiapkan kegiatan ini sehingga berjalan sukses. 


"Selamat atas telah diresmikannya Kantor Wali Nagari Padang Laweh Malalo yang baru. Tentunya dengan kantor yang baru juga harus diisi dengan semangat baru, pola pikir baru, pola kerja baru untuk kemajuan nagari ke depan, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik. Satu hal yang perlu diingat, kita ini pelayan masyarakat maka berikanlah pelayanan yang maksimal," kata Eka Putra. 


Sementara itu, terkait dengan pengukuhan pengurus KAN Nagari Padang Laweh Malalo, Bupati atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat dan berharap kepada angku-angku, niniak mamak yang baru dikukuhkan, untuk mampu mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. 


"Dengan telah dikukuhkannya angku-angku niniak mamak sebagai pengurus KAN, kami berharap ke depan KAN dan Bundo Kanduang Nagari Padang Laweh Malalo, ikut berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, terutama dalam bidang adat yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat," harap Bupati. 


Lebih jauh disampaikan Bupati, peran dan fungsi KAN terhadap anak kemenakannya, dimanifestasikan dalam ungkapan adat 'kayu gadang ditangah padang, batangnyo tampek biasanya, kayunyo tampek baselo, daunnyo tampek balinduang'. "Artinya, niniak mamak merupakan pemimpin yang mengayomi, membimbing, mengarahkan dan mengatur anak kemenakannya dalam segenap aspek kehidupan," terangnya. 


Diakhir penyampaiannya, Bupati mengharapkan seluruh masyarakat Nagari Padang Laweh Malalo, baik yang diranah maupun yang dirantau, serta segenap unsur yang ada didalam Nagari, agar semakin kompak dalam melaksanakan pembangunan di Nagari, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya. 


"Mari kita ciptakan situasi yang kondusif, sehingga kita dapat beraktivitas dengan nyaman dan dapat melahirkan ide-ide, inovasi-inovasi untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.


Sebelumnya, Wali Nagari Padang Laweh Malalo Akhyari Dt. Talarangan berharap, dengan telah diresmikannya Kantor Wali Nagari yang baru, diharapkan sistem pemerintahan di nagari akan semakin baik. Dan kedepan pelayanan terhadap masyarakat juga semakin maksimal, sehingga nagari Padang Laweh Malalo akan semakin maju dan mandiri.


Sementara itu, Ketua KAN Nagari Padang Laweh Malalo terpilih Bukhari Dt. Lelo Marajo berharap, agar dalam menjalankan tugasnya, bisa mendapatkan dukungan oleh seluruh masyarakat, sehingga bisa menjalankan amanah dengan baik. 


Tampak hadir pada acara tersebut anggota DPRD Provinsi Sumbar Bukhari Dt. Tuo, Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi, ​Camat Batsel Benny Yohendri beserta Forkopimca, ​Wali Nagari se Kecamatan Batsel, ​Sekretaris LKAAM Tanah Datar, ​angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (F12)