Cegah Stunting "Sikamek Ceting" Diluncurkan -->

Cegah Stunting "Sikamek Ceting" Diluncurkan

Kamis, 26 Januari 2023
Launching Sikamek Ceting di Puskemas Bukit Surungan, Padang Panjang


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Bukit Surungan, Padang Panjang Barat resmi meluncurkan salah satu inovasi dalam percepatan, pencegahan dan penurunan angka stunting di Padang Panjang, Rabu (25/1).


Kepala UPTD Puskesmas Busur, Yusri Yanti, S.TR.Keb mengatakan, inovasi yang diberi nama  Sikamek Ceting (Inovasi Klinik Tumbuh Kembang Anak Cegah Stunting) tersebut, berfokus kepada para ibu hamil dan 1000 hari pertama kehidupan (hpk) anak.


“Jadi nanti akan ada dua dokter spesialis dari RSUD yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat, baik ibu hamil dan perkembangan 1000 hari pertama kehidupan anak,” katanya ketika memberikan sambutan pada kegiatan tersebut di aula Puskesmas Busur.


Yanti menyebutkan Sikamek Ceting akan beroperasi selama dua hari dalam sebulan setiap minggu pertama Rabu dan Kamis, memberikan pelayanan terhadap ibu hamil dan anak balita dengan masalah tumbuh kembang.


“Semoga dengan adanya inovasi ini dapat mempercepat serta menurunkan angka stunting di wilayah kerja puskesmas Bukit Surungan dan Kota Padang Panjang pada umumnya,” sebut Yanti.


Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) yang diwakili Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Rahmaisa, SKM yang meluncurkan program ini menyambut baik inovasi yang dilakukan Puskesmas Busur dalam penurunan dan pencegahan stunting.


“Inovasi ini jangan hanya sekadar launching yang hangat di depan, tapi dingin ke belakang. Jadi kami harap kegiatan di klinik Sikamek Ceting ini harus kontinu dan berkesinambungan serta lakukan evaluasi berkala, di mana kekurangannya dan apa target yang belum tercapai,” ucapnya.


Era berharap inovasi ini akan berjalan dengan baik sehingga upaya Kota Padang Panjang dalam percepatan, pencegahan dan penurunan stunting juga dapat memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan harapan.


Turut hadir, Sekretaris Dinas Sosial  Pengendalian Penduduk,  Keluarga Berencana,  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA), Yetti Syofiarni, M.E, Kasi Pelayanan RSUD, Welfia, Kabid Pelayanan RS Yarsi, dr. Fuad, dan ketua LPM Busur serta undangan terkait lainnya. (syam)