Eka Putra Hadiri Alek Kapalo Banda Jorong Koto Tanjung Bonai -->

Iklan Atas

Eka Putra Hadiri Alek Kapalo Banda Jorong Koto Tanjung Bonai

Jumat, 20 Januari 2023

Bupati Eka Putra hadiri Alek Kapalo Banda Jorong Koto Nagari Tanjung Bonai, Jum'at (20/1) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Meski diwarnai hujan cukup lebat, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat Jorong Koto, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, untuk terus mengikuti serangkaian acara pada Alek Kapalo Banda Jorong Koto, di area persawahan setempat, Jum'at (20/1/23). 


Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, yang menghadiri Alek Kapalo Banda Jorong Koto ini menyampaikan, hujan yang turun saat acara berlangsung, merupakan rahmat bagi masyarakat dan dunsanak, yang sedang menggelar acara Alek Kapalo Banda. "Hujan ini tentu merupakan rahmat Allah SWT, karena baru saja Buya kita selesai berdo'a, hujan langsung turun," sampainya. 


Dikatakan Bupati lagi, kegiatan Alek Kapalo Banda merupakan salah satu tradisi masyarakat, yang patut dipertahankan dan bisa dilaksanakan di tahun selanjutnya.


"Dalam kegiatan alek ini, disamping menjadi salah satu wadah untuk mengungkapkan syukur, juga menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat setempat, bahkan juga menjadi ajang untuk menyampaikan perkembangan pembangunan daerah," ujar Eka Putra. 


Bupati tambahkan, Pemda Tanah Datar memiliki 10 Program Unggulan (Progul), yang tujuannya untuk menyejahterakan masyarakat. "Progul Bajak Gratis untuk meringankan biaya operasional petani dalam bertani. Kemudian asuransi padi dan ternak sekiranya padi gagal panen ataupun sapi mati. Semua gratis, karena itu Saya imbau masyarakat untuk memanfaatkan secara maksimal Progul ini," sampainya. 


Terakhir Eka Putra katakan, Ia butuh dukungan seluruh masyarakat, DPRD, instansi terkait, agar diberi kesehatan dalam menjalankan amanah memimpin Tanah Datar. Karena tanpa sinergi dan kerjasama semua pihak, tentunya berbagai Progul daerah tidak bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Karena itu mohon dukungan dan do'a kita semua. 


Sebelumnya, perwakilan Kelompok Tani Pincuran Randah Hendrizal, menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati bersama rombongan. "Terima kasih pak Bupati bersama rombongan atas kehadirannya, kedatangan Bapak menjadi kebahagiaan bagi kami masyarakat di Jorong Koto ini," sampainya. 


Seiring kedatangan pak Bupati, tambah Hendrizal, tentu tidak salah juga ia memohon Pemerintah Daerah melalui pak Bupati, untuk membangun jalan usaha tani. "Masyarakat di Jorong ini 80% adalah petani pak, dan ada 3 Kelompok Tani. Dan dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mohon bantuan jalan usaha tani, agar distribusi hasil panen ataupun pupuk lebih lancar," sampainya. 


Sementara itu, Pj. Wali Nagari Tanjung Bonai Bendrizal menyampaikan, kedatangan pak Bupati menjadi kejutan bagi masyarakat Jorong Koto. "Alhamdulillah, kehadiran pak Bupati menjadi kejutan bagi masyarakat kami di sini, terima kasih pak memenuhi undangan kami," sampainya.


Hal serupa disampaikan anggota DPRD Tanah Datar Arianto, yang juga merupakan putra Nagari Tanjung Bonai, ia menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kesediaan pak Bupati untuk hadir. 


"Alhamdulillah, pak Bupati hadir di Alek Kapalo Banda yang sudah 5 tahun vakum. Semoga ini menjadi motivasi, agar kegiatan ini bisa tetap bertahan. Dan juga mendoakan agar disini air banyak dan lancar, sehingga pertanian juga berjalan baik," sampainya. 


Turut hadir Sekretaris Dinas Pertanian, Camat Lintau Buo Utara Arif Gani, Forkopimca, Wali Nagari, KAN, BPRN dan undangan lainnya. (F12)