Final Leg I Piala AFF 222; Vietnam Ditahan Imbang 2-2 oleh Thailand -->

Final Leg I Piala AFF 222; Vietnam Ditahan Imbang 2-2 oleh Thailand

Sabtu, 14 Januari 2023
(dok. goal.com)


Jakarta - Leg I pertama final Piala AFF 2022, Timnas Vietnam ditahan imbang imbang oleh Thailand 2-2 pada Jumat (13/1/2023) malam WIB di Stadion My Dinh, Hanoi.


Pertandingan selanjutnya bakal dilanjutkan pada Leg 2 yang bakal jadi tuan rumah Thailand pada Senin 19 Januari 2023.


Melihat hasil leg I, juru taktik Thailand, Alexandre Polking mengaku tak menyangkan timnya mampu mencetak dua gol dan mengimbangi Vietnam, meski bertindak sebagai tuan rumah.


Hasil yang didapat Thailand itu merupakan kerja keras yang diperlihatkan Theerathon Bunmathan dkk selama 90 menit. Sebab, Vietnam sebenarnya lebih dulu unggul di babak pertama lewat sundulan Nguyen Tien Linh (24').


Namun, Thailand berhasil menyamakan kedudukan, bahkan berbalik unggul lewat dua gol dari Poramet Arjvirai (48') dan Sarach Yooyen (63'). Sialnya, tim berjuluk Gajah Perang itu mempertahankan keunggulan hingga laga berakhir.


Sebab, Vietnam mampu terhindar dari kekalahan di menit akhir melalui gol Vu Van Thanh (88'). Selepas pertandingan, Alexandre Polking bersyukur, meski gagal meraih kemenangan.


Ia melihat pasukannya telah bermain impresif. Akan tetapi, dia tak mau terlena dan akan fokus menatap leg kedua.


"Para pemain kami bermain agresif dan hasil ini hampir sempurna. Sekarang, kami harus fokus pada pertandingan berikutnya. dan diperhitungkan dengan cermat," cetusnya dilansir dari The Thao 247, Jumat (13/1/2023) sebagaimana dikutip okezon.com.


Di sisi lain, Alexandre Polking mengaku tak menyangka Gajah Perang bisa mencetak dua gol di laga tandangnya ke gawang Vietnam. Sebab awalnya menargetkan hanya mencetak satu gol saja. Menurutnya, itu merupakan hasil yang positif karena mereka memiliki keunggulan gol tandang.


"Thailand datang ke Vietnam dengan tujuan mencetak satu gol, tapi kami mendapat dua gol. Ini hasil yang bagus. Gol di pengujung pertandingan membuat segalanya kurang lengkap," timpal Alexandre Polking.


Selanjutnya, Thailand bakal kembali menghadapi Vietnam di leg II final Piala AFF 2022. Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung pada Senin, 16 Januari 2023 di Thammasat Stadium, Thailand.(*)