HAB ke-77 Kementerian Agama, Dedi Wandra: "Kita Bisa Hebat Kalau Rukun" -->

Iklan Atas

HAB ke-77 Kementerian Agama, Dedi Wandra: "Kita Bisa Hebat Kalau Rukun"

Selasa, 03 Januari 2023
Dewa Kakankemenag Sawahlunto bersama Subandi, Camat Kecamatan Barangin menyerahkan hadiah peringkat III pertandingan badminton antar instansi (putri) dalam rangka HAB Kemenag ke-77 tahun 2023 kepada Kepala Puskesmas Sungai Durian Drg. Yuliana Sari didampingi Darmayuhelmi, Selasa (3/1/2023).


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Pakaian adat Nusantara mewarnai upacara bendera Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama di Kota Sawahlunto. Mengusung tagline, "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat". Pelaksanaan upacara HAB digelar di lapangan Ombilin Sawahlunto berjalan lancar, Selasa (3/1/2023).


Dalam amanat Menteri Agama Republik Indonesia Cholil Yaqut Qoumas mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. 


"Birokrasi Kemenag kini lebih lincah dan responsif, berbagai inovasi digital terus dilakukan. Lebih dari 22 penghargaan diterima Kemenag, mari kita jaga dan tahun ini harus lebih baik dari kemaren," sebut amanat Menteri Agama tersebut. 


Masih dalam amanat Menteri Agama Republik Indonesia Cholil Yaqut Qoumas, disampaikan bahwa di tahun politik ini, potensi ketidakrukunan masyarakat akibat perbedaan pandangan akan tetap ada, seperti politisasi agama dan politisasi tempat ibadah. Oleh sebab itu, dihimbau ASN mengantisipasi dan memitigasi penggunaan politik identitas menjelang pemilu 2024 agar kerukunan umat tidak ternodai.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto Haji Dedi Wandra S.Ag.MA menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan HAB ini dengan lancar. "Kita adalah pembantu Kakanwil, program yang kota laksanakan atas perintah Kakanwil dengan realisasi anggaran 98,49 persen," sebutnya. 


Tentu, sambung Dedi Wandra, hal ini bukan karena kepiawaian Kakan, tapi ini adalah kekompakan dan karya bapak ibu semuanya. "Semoga tahun ini kita bisa berpacu dengan kabupaten kota lain. Mungkin ada kekurangan kita, mari evaluasi dan kita tingkatkan", tutur Dedi Wandra berharap. 


Dedi Wandra yang biasa disapa Dewa mengatakan kepada awak media di ruang kerjanya bahwa dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama, disamping kegiatan menyambut dan memeriahkan, sebelumnya pihaknya telah mengadakan lomba badminton dan bola voli antar instansi untuk mempererat silaturahmi. 


Selanjutnya, ada lomba interen atau internal Kementerian Agama seperti untuk ASN, siswa-siswi Madrasah. Kemudian kegiatan sosial khitanan massal di lima Puskesmas di Sawahlunto yang diikuti sebanyak 53 orang. Disebutkan Dewa, masih ada agenda yang belum dilaksanakan seperti bedah rumah untuk kaum duafa. 


"Kaum duafa itu yang diutamakan terlebih dahulu adalah keluarga Kementerian Agama. Selanjutnya guru tidak tetap atau pegawai tidak tetap. Ada guru yang menerima honor hanya Rp350 ribu, ada Rp400 ribu sebulan. Jadi rumahnya yang belum siap dibedah sesuai dengan kemampuan keuangan dari wakaf yang dikumpulkan tiap pagi," sambungnya. 


Terkahir, nanti pada tanggal 14 Januari, sesuai arahan Mentri Agama dilaksanakan jalan santai kerukunan serentak secara Nasional seusai tema 'Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat'. "Kita bisa hebat kalau rukun. Kalau tidak rukun, tidak mungkin kita hebat. Kalau kita tidak rukun, nanti kita dibabat," pesan Dewa kemudian. 


Dewa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama di Kota Sawahlunto. "Terutama Pak Walikota, Buk Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Forkopimda, SKPD, Ormas Islam se-Kota Sawahlunto, pensiunan Kementerian Agama Kota Sawahlunto hingga tokoh-tokoh masyarakat. 


Usai melaksanakan upacara bendera Hari Amal Bakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama di lapangan Ombilin Kota Sawahlunto, Walikota menyerahkan piagam penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada 6 orang PNS Kemenag Sawahlunto.


Mereka tersebut, Azwir (Kasi PD Pontren) dan Rusya Sri Wahyuni (Guru PAI) 10 tahun, Yessy Syafri (Plt. Kepala MIN 2) beserta 3 orang Guru MTsN 1 Sawahlunto yakni Jon Eri dan Krismanetti 20 tahun serta Nelli Herni dengan masa pengabdian 30 tahun.


Selain itu, Wako juga memberikan tropi bergilir kepada Kakankemenag Kota Sawahlunto Dedi Wandra selaku pemenang lomba olahraga HAB antar dinas/instansi. Turut hadir Ketua dan Wakil DPRD Kota Sawahlunto Eka Wahyu dan Jaswandi, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri dan Pimpinan OPD terkait. (ton)