Khatam Al-Qur'an Mushalla Baitul Ikhsan Pasie Laweh, Wabup; Khatam Bukan Berhenti Baca Al-Qur'an -->

Iklan Atas

Khatam Al-Qur'an Mushalla Baitul Ikhsan Pasie Laweh, Wabup; Khatam Bukan Berhenti Baca Al-Qur'an

Jumat, 06 Januari 2023

Wabup Richi Aprian memberikan sambutan pada Khatam Al-Quran, di Mushalla Baitul Ikhsan Pasie Laweh


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH, hadiri perayaan Khatam Al-Qur'an TPA Mushalla Baitul Ikhsan Ekor Koto Jorong Babusalam, Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, Kamis (5/1/23).


Turut hadir pada acara tersebut anggota DPRD Tanah Datar Yalpima Jurin, Kadis Pendidikan Riswandi, Camat Sungai Tarab Arianto dan Forkopimca, Ketua BPRN, KAN dan lembaga unsur, kepala jorong, tokoh masyarakat, pengurus Mushalla Baitul Ikhsan dan wali murid santri. 


Ketua Pelaksana Elvi Nur Alamsyah mengatakan, Khatam Al-Qur'an yang dilaksanakan hari ini merupakan yang pertama, pasca banjir bandang tahun 2007 menerpa Mushalla Baitul Ikhsan. Pada tahun 2016 yang lalu mushalla ini kembali dibangun, dengan bantuan dana dari pemda dan selesai 2017.


"Selanjutnya tahun 2020, dengan semangat pengurus dan masyarakat untuk mensiarkan Al-Quran, kembali mengaktifkan TPA. Alhamdulilah, saat ini kita telah memiliki santri sebanyak 89 orang, dan dinyatakan lulus untuk Khatam sebanyak 21 orang," sampai Ketua Pelaksana.


Sementara itu, anggota DPRD Tanah Datar Yalpima Jurin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat, pengurus dan wali murid, yang telah mengaktifkan kembali Mushalla Baitul Ikhsan. 


"Semoga dengan semangat tersebut Mushalla Baitul Ikhsan terus aktif, dan ini merupakan awal dari keberhasilan bersama, untuk mensiarkan Al-Quran kepada generasi mendatang," harap Yapelma Jurin.


Sementara Wabup Richi dalam sambutannya, ucapkan terimakasih kepada masyarakat dan wali murid, yang telah mensiarkan Al-Qur'an setelah beberapa tahun kemarin vakum, karena mushalla dilanda bencana banjir bandang.


"Alhamdulillah, Saya apresiasi dan terima kasih dengan semangat kekeluargaan masyarakat, tokoh masyarakat dan perantau, kembali membangun Mushalla Baitul Ikhsan dan mendirikan TPA, untuk mensiarkan Al-Qur'an," ungkapnya. 


Kepada peserta khatam, Wabup juga ucapkan selamat dan berpesan, agar anak-anak terus membaca Al-Qur'an. Dengan khatam Al-Qur'an jangan di artikan berhenti membaca Al-Qur'an, akan tetapi tetap membaca dan mengamalkannya, bahkan jadikan itu suatu kebiasaan.


"Jangan sampai di khatam saja, ulang ulang terus membaca dan perdalam ilmu tentang Al-Qur'an itu sendiri, membaca Al-Qur'an harus diwajibkan seperti shalat 5 waktu sehari semalam, kalau sudah di khatam jangan juga tamat baca Al-Qur'an," pesan Richi.


Selain itu, kepada panitia Wabup juga apresiasi, serta kepada orang tua di harapkan untuk selalu mendorong anak-anaknya, untuk terus membaca Al-Qur'an.


"Kepada orang tua untuk tetap pegang teguh dan amalkan Al-Qur'an, dalam kehidupan sehari hari dan berikan contoh kepada anak-anak, bahwa membaca Al-Qur'an itu menjadi kebiasaan di rumah," harap Wabup. 


Diakhir kegiatan Wabup Richi juga membagikan Al-Qur'an kepada peserta khatam, untuk di baca bersama orang tua dan keluarga dirumah. (F12)