KKKS Payakumbuh Timur Gelar Wisuda Tahfiz Angkatan I Tahun 2023 -->

KKKS Payakumbuh Timur Gelar Wisuda Tahfiz Angkatan I Tahun 2023

Rabu, 25 Januari 2023
Pemindahan jambul


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Haru biru penuh suka cita dikala seratusan siswa SD se Kecamatan Payakumbuh, para penghafal alquran melaksanakan dan mengikuti pawai serta wisuda tahfiz selama 2 hari berturut-turut di mesjid Baiturrahman Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur. 


Wisuda tahfiz ini salah satu bentuk dukungan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) se Kecamatan Payakumbuh dalam mendukung visi misi Wali Kota Payakumbuh melalui program prioritas di Dinas Pendidikan.


Kegiatan tersebut dihadiri langsung Pj Wali Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Kankemenag, Camat Payakumbuh Timur beserta unsur Forkopimca, Lurah, Kepala sekolah dan pengurus mesjid serta majlis guru beserta orangtua para hafiz/ah.


Baihaqi selaku ketua panitia wisuda kepada fajarsumbar.com menerangkan bahwa peserta wisuda tahfiz berjumlah 143 orang siswa dari 18 SD dari kecamatan Payakumbuh Timur, sebelumnya para peserta wisuda sudah menjalani seleksi (basimak) dari tim yang sudah ditunjuk panitia. Kegiatan dipusatkan di Mesjid Baiturrahman tanggal 24-25 Januari 2023.


"Wisuda 3 juz sebanyak 2 orang, Wisuda 2 juz sebanyak 3 orang, Wisuda 1 juz sebanyak 58 orang, Wisuda 1/2 juz sebanyak 80 orang. Peserta terbaik dari masing-masing SD sudah diperlombakan tanggal 24 Januari 2023. Sumber dana dari pelaksanaan wisuda ini adalah swadaya wali murid serta sumbangan dari donatur. 2 drumband terbaik Payakumbuh ikut meriahkan wisuda ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan, kami tidak bisa sebutkan satu per satunya,"terang Baihaqi.


Pj. Walikota Payakumbuh saat itu diwakili Staf Ahlinya, Elvi Jaya ketika dikomfirmasi menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan jajarannya yang telah sukses mengangkatkan kegiatan wisuda tahfiz ini bersama panitia Wisuda Tahfiz Angkatan I Kecamatan Payakumbuh Timur.


"Bersama kita wujudkan Payakumbuh sebagai kota pencetak para hafiz quran dan ahli alquran,"sambut Elvi Jaya.


Kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh, Dasril melalui Kabid Dikdas Tafril Samry menerangkan Diknas memberikan apresiasi kepada semua sekolah yang telah melakukan program tahfiz di masing-masing sekolah.


"Yang mana pada tahun ini setiap kecamatan telah melakukan khatam dan wisuda tahfiz dimana kita lihat di Kecamatan Payakumbuh Timur pada hari melakukan wisuda tahfiz yang dipusatkan di masjid yang diikut oleh 19 sekolah dari kecamatan Payakumbuh Timur. Artinya pembelajaran ko kurikuler tahfiz di sekolah berjalan dengan baik. Harapan kita untuk masa yang akan datang, sekolah harus punya target bila tamat dari SD, mereka sudah hafal 5 juz. Ini bisa dilakukan asal sekolah betul-betul serius, disamping didukung oleh stakeholder dan anggaran ditambah untuk kegiatan ini,"terang Tafril Samry.


"Harapan juga, bagaimana Kita dapat untuk tahun depan melaksanakan wisuda se kota, bukan per kecamatan lagi. Semoga untuk masa yang akan datang banyak penghafal alquran di Kota Payakumbuh. Payakumbuh Kota Qurani. Semoga, aamiin,"pungkasnya.


Siswa SDN 24 Payakumbuh Juara 1 Lomba Tahfizd se- Kecamatan Payakumbuh Timur

Siswa Sekolah Dasar Negeri 24 Kota Payakumbuh berhasil keluar jadi Juara 1 pada lomba Tahfizd tingkat SD se Kecamatan Payakumbuh Timur. Kegiatan tersebut dirangkai pada kegiatan Wisuda Tahfizd yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang berlangsung selama 2 hari, 24 hingga 25 Januari 2023.


Kepala Sekolah SDN 24 Syamsuardi saat dihubungi Rabu 25 Januari mengatakan, Alhamdulillah siswa kita atas nama Nada berhasil meraih Juara 1 pada lomba Tahfizd se Kecamata Payakumbuh Timur yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.


Syamsuardi jelaskan, dimana kegiatan  tersebut berlangsung selama 2 hari. Hari pertama pelatihan dan langsung dilombakan, sementara hari kedua yakani pelaksanaan wisudanya.


"Pada kegiatan tersebut, Kita mengutus anak didik kita sebanyak 8 orang. Sesuai ketentuan panitia dimana pada lomba Tahfizd masing-masing sekolah hanya bisa mengutus anak didiknya satu orang, setelah diseleksi anak kita Nada terpilih untuk mewakili Sekolah Kita," kata Syamsuardi.


Pada lomba tersebut Syamsuardi katakan anak Kita Nada bersaing dengan 17 orang dari sekolah yang berbeda yang ada di Kecamatan Payakumbuh Timur. Alhamdulillah pada lomba tersebut anak Kita Nada berhasil keluar jadi juara 1 pada lomba tersebut.


"Kita ucapkan terimakasih kepada Nada yang telah mengharumkan sekolah SDN 24 dilomba Tahfizd tingkat  kecamatan. Selain itu kita juga ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan yang telah mengadakan kegiatan ini, sekaligus juga membantu honor bagi guru yang mengajar Tahfizd di sekolah Kita," ungkap Syamsuardi.


Melalui prestasi ini Syamsuardi katakan, semoga ini bisa memotifasi guru dan juga anak didik serta  orang tua untuk terus medidik dan melatih anaknya baik dirumah dan juga di MDTA-MDTA tempatnya masing-masing. Selain mempelajari Al-Qur'an, lebih jauh dari itu  Kita juga berharap bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.(ul)