Kodim 0310/SSD Sosialisasikan Rekrutmen Komponen Cadangan Matra Darat 2023 -->

Kodim 0310/SSD Sosialisasikan Rekrutmen Komponen Cadangan Matra Darat 2023

Sabtu, 21 Januari 2023
Dandim 0310/SS, Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi S.Sos. M.I. Pol saat sosialisasi rekrutmen Komcad Matra Darat.


Sijunjung, fajarsumbar.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0310/SSD gelar sosialisasi bersama Kementrian Pertahanan RI dan Kodam I Bukit Barisan tentang Rekrutmen Personel Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun 2023 secara Virtual yang bertempat di Markas Kodim 0310/SSD, Jumat (20/1/2023).


Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, melalui Kasdam I BB, Brigjen TNI Rifky Nawawi, SE, SIP menyebutkan bahwa Kodam I Bukit Barisan membutuhkan seluruh komponen bangsa untuk menjaga kedaulatan negara Indonesia.


"Komcad ini sudah sesuai dengan perundang-undangan, No. 23 Tahun 2019, dan ini juga sebagai bentuk untuk meningkatkan rasa bela negara kepada Indonesia, untuk itu dibutuhkan seluruh komponen bangsa dalam menjaga kedaulatan khususnya di wilayah Kodam I Bukit Barisan," ungkapnya.


Dalam kesempatan itu, Ditjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha juga memaparkan rencana pembentukan Komcad tahun 2023 ini, guna memperkuat Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut. 


Pada 2021 pihaknya berhasil merekrut sebanyak 2.500 Matra Darat. Tahun 2022, Matra Darat sebanyak 1.450 orang, Matra Laut sebanyak 535 orang dan Matra Udara sebanyak 515 orang. Sedangkan pada tahun 2023 ditargetkan merekrut sebanyak 2.500 orang dari tiga Matra tersebut. 


Komandan Kodim 0310/SS, Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi S.Sos. M.I. Pol mengatakan Komponen Cadangan merupakan bagian dari Bela Negara. Pembentukan Komcad Tahun Anggaran 2023 ini telah dibuka pendaftaran mulai 2 Januari hingga 14 April 2023. 


“Komponen Cadangan dibentuk atas dasar kepentingan pertahanan negara pada saat keadaan darurat. Rencana perekrutan diperuntukan bagi setiap warga negara yang berminat dan bersifat sukarela untuk kemudian dididik selama tiga bulan di Rindam masing masing Kotama yang ditunjuk termasuk Kodam I/Bukit Barisan sampai akhirnya dilantik sebagai personel Komponen Cadangan,” tutur Endik.


Dijelaskan Endik, peran Pemko/Pemkab dan Perguruan Tinggi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat melalui TNI dalam menyampaikan informasi rekrutmen Komcad.


"Jadi para pemuda-pemudi bangsa yang sudah berstatus sebagai PNS, karyawan, mahasiswa dan beberapa latar belakang profesi lainnya itu juga boleh, bahkan diharapkan dapat bergabung dengan Komcad," harapnya kemudian.


Untuk seleksi administratif dilaksanakan pada 17-25 April 2023. Sedangkan untuk seleksi kompetensi 26 April hingga 5 Mei 2023. Pantukhir 5 Mei 2023 dan Pelatihan Dasar Militer (Latsarmil) Pengangkatan/Penyumpahan pada 8 Mei hingga 8 Agustus 2023.


Turut hadir dalam kegiatan unsur-unsur pemerintahan dari Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya serta BUMN, pihak swasta hingga Organisasi Masyarakat. (ton)