Lapas Kelas IIB Payakumbuh Tuan Rumah Peringatan Hari Jadi PIPAS Ke-19 -->

Iklan Atas

Lapas Kelas IIB Payakumbuh Tuan Rumah Peringatan Hari Jadi PIPAS Ke-19

Jumat, 06 Januari 2023
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Payakumbuh jadi tuan rumah peringatan Hari Jadi Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Ke-19, Kegiatan yang digelar PIPAS berupa giat ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Kota Payakumbuh.


Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Makam Pahlawan diikuti oleh enam PIPAS dari Unit Pelaksana Teknis yang berbeda. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Payakumbuh sebagai panitia dalam pelaksanaan kegiatan upacara tabur bunga dan diikuti oleh lima PIPAS dari Unit Pelaksana Teknis lainnya, yaitu Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Lapas Kelas III Suliki, LPKA Kelas II Tanjung Pati, Rutan Kelas IIB Batusangkar, dan Bapas Bukittinggi.


Kegiatan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh untuk mengenang jasa para Pahlawan bangsa. Kegiatan ini dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran PIPAS di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia khususnya pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dalam rangkaian Peringatan Hari jadi PIPAS Ke-19, Jumat (06/01/2023).


Momen sakral Upacara Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh berlangsung dengan hikmat. Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada Arwah Para Pahlawan dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara yaitu Ketua DWP Lapas Kelas IIA Bukittinggi Ny. Astuti Marten.


Peringatan hari jadi PIPAS ke-19 ini telah dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Januari dengan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya senam SKJ serentak, rapat DWP, dan upacara tabur bunga.


Ny. Susi Kameily pimpin seluruh anggota PIPAS Lapas Payakumbuh dalam prosesi tabur bunga di makam pahlawan. Saat dimintai keterangan seusai kegiatan, Ketua DWP Lapas Kelas IIB Payakumbuh Ny. Susi Kameily mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan. "Sebagai generasi penerus kita tidak boleh melupakan pengorbanan para pejuang-pejuang kita terdahulu, khususnya mereka yang berjuang demi Kemerdekaan bangsa. Tabur bunga ini merupakan salah satu tanda kita menghargai dan menghormati setiap pengabdian yang telah mereka berikan," tutur Susi Kameily.


Lebih lanjut Ny. Susi Kameily juga mengingatkan bagi para Pegawai dan istri petugas pemasyarakatan yang hadir hari ini bahwa perjuangan para Pahlawan terdahulu harus dilanjutkan dalam sebuah tindakan dan aksi nyata. Sesuai dengan tema hari jadi PIPAS Ke-19 “PIPAS Bangkit dan Berdaya untuk Pemasyarakatan Maju”pungkasnya. 


Terpisah, Kepala Lapas Kelas IIB Payakumbuh, Muhammad Kameily mengucapkan selamat hari jadi ke 19 untuk PIPAS se Indonesia. Dirinya juga menyampaikan selamat datang di Payakumbuh untuk para PIPAS yang hadir di Payakumbuh.


Kegiatan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan, dan sebagai generasi penerus bangsa PIPAS (Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan) ikut berperan dalam mendukung dan mensukseskan peran suami dalam mengisi kemerdekaan di bidang Pemasyarakatan,"singkat Kameily.


Dalam kegiatan ini Kantor Wilayah Sumatera Barat mengutus Ny. Maya Ali Syah Bana sebagai perwakilan PIPAS datang secara langsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah.(ul)