Lepas 3.900 Mahasiswa KKN UNP Tahun 2023, Gubernur Sumbar: Mahasiswa KKN UNP Dapat Jawab Permasalahan di Daerah -->

Iklan Atas

Lepas 3.900 Mahasiswa KKN UNP Tahun 2023, Gubernur Sumbar: Mahasiswa KKN UNP Dapat Jawab Permasalahan di Daerah

Senin, 09 Januari 2023

 

.

Padang - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansyarullah melepas secara resmi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Padang (UNP) Periode Januari - Juni 2023 pada Senin (9/1/2023) secara daring yang disiarkan langsung melalui zoom meeting.


Gubernur Sumbar menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan KKN ini sebagai kontribusi nyata UNP terhadap permasalahan masyarakat. Peran serta UNP diwujudkan dengan mengirimkan mahasiswa KKN ke berbagai daerah di Indonesia. 


Gubernur juga mengatakan Mahasiswa KKN UNP yang terbagi dalam beberapa tematik yang tersebar di berbagai daerah di Sumbar. Ia berharap dengan beberapa tema-tema tersebut dapat juga disinergikan dengan permasalahan yang marak terjadi akhir-akhir ini seperti masalah narkoba, LGBT, Stunting, harga pangan, dll. 


"Pada tahun 2022 yang lalu terjadi kenaikan harga pangan tertinggi di dunia, kami berharap di tahun 2023 dengan adanya KKN Tematik UNP bisa mensinergikan programnya dengan mengedukasi masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangan di Sumbar," ujar Gubernur. 


Di kesempatan tersebut, Gubernur dengan sapaan akrab Buya itu, juga menginformasikan pada bulan Mei 2023 nanti akan diadakan kegiatan Latsitardanus XLIII yang akan di hadiri oleh 3.000 taruna Akademi Militer dan Kepolisian, Praja IPDN dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. 


"Saya harap Mahasiswa KKN Tematik UNP bisa bersinergi dengan Latsitardanus ini, nantinya kegiatan ini akan dihadiri oleh taruna Akademi Militer dan Kepolisian, Praja IPDN dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi," tutur Buya Mahyeldi.


Kemudian, Rektor UNP Ganefri juga memberikan sambutan sekaligus melepas mahasiswa KKN. Bahwa dengan adanya program KKN dan Kampus Merdeka ini, diharapkan mahasiswa dapat mengedukasi masyarakat dalam menghadapi perkembangan teknologi. 


“Dalam kebijakan merdeka belajar kampus merdeka, KKN merupakan salah satu strategi untuk bisa lebih mendekatkan Mahasiswa di tengah masyarakat agar mereka bisa berkontribusi  di sektor pendidikan. untuk itu kita terus mengembangkan 3 hal guna meningkatkan kompetensi mahasiswa UNP ini, yaitu  menerapkan digital management, digital leadership dan digital learning," imbuhnya. 


Sementara itu, Ketua LPPM UNP, Yohandri, Periode KKN UNP Januari-Juni ini merupakan periode pertama di tahun 2023. Sejak 2020 hingga 2023, UNP sudah menerjunkan mahasiswa sebanyak 29.379 orang dengan berbagai tema dan kegiatan. Periode ini 3.900 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN terbagi atas beberapa skema, yaitu secara reguler dan tematik. KKN tematik seperti  tematik stunting bekerja sama dengan BKKBN, tematik dengan dinas Kab. Sijunjung, tematik siaga bencana dengan BMKG. 


Dengan kegiatan KKN dan bekerja sama dengan bebagai instansi ini diharapkan dapat menyumbang aspirasi ditengah persoalan yang ada di tengah masyarakat. 

“Kita berharap mahasiswa KKN Tematik dapat menyumbang tenaga pikiran di tengah masyarakat," ucapnya.

( Diskominfotik Sumbar )