MAN IC Laksanakan SNPDB TP 2023/2024, Padang Pariaman Sangat Berbangga -->

Iklan Atas

MAN IC Laksanakan SNPDB TP 2023/2024, Padang Pariaman Sangat Berbangga

Selasa, 03 Januari 2023
Kampus MAN IC Padang Pariaman, Sumatera Barat di Korong Balai Usang, Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (foto dok.man)


Padang Pariaman - Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Padang Pariaman akan menerima siswa baru tahun pelajaran (TP) 2023/2024 sebanyak 120 orang. Untuk bisa masuk ke MAN IC Padang Pariaman dilakukan secara online melalui sistem Seleksi Nasional Penerimaan Didik Baru (SNPDB) TP 2023/2024.


Hal demikian dikatakan Wakil Kepala MAN IC membidangi Hubungan Masyarakat (Humas) Syahlul Munal, M.Ag ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com, Selasa (03/01/23), sehubungan telah dilakukan sosialisasi SNPDB MAN IC secara Nasional.


Kata Syahlul, MAN IC Padang Pariaman yang berkampus di lokasi bekas bandara peninggalan Jepang di Korong Balai Usang, Nagari Sintuk, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang ini, dimulai operasional dengan menerima siswa baru TP 2016/2017 lalu dengan siswa putra-putri Sumatera Barat sebanyak 95 parsen 


"Sedangkan putra dan putri Padang Pariaman dan Kota Pariaman yang lolos masuk MAN IC, ada sekitar 30 parsen dari 270 jumlah siswa yang ada sekarang" sebut Syahlul. 


Tamatan MAN IC Padang Pariaman, ungkap Wakamad Syahlul,  pada umumnya dapat diterima di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta yang ada di Indonesia dengan memperlihatkan daftar 23 PTN terbaik yang menerima siswanya. Bahkan, ada yang menjadi mahasiswa undangan pada PTN di luar Sumatera Barat.


"Alhamdulillah, telah begitu banyak alumni MAN IC Padang Pariaman diterima sebagai mahasiswa undangan" ucap Syahlul kembali. 


Ia sebagai warga Sumabar, kita ucapkan terima kasih kepada Pemda Pariaman yang telah berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama untuk meletakan MAN IC di Padang Pariaman.


"Kita yakin perjuangan Pemda Padang Pariaman ketika dipimpinpin Bupati H.Ali Mukhni, tidaklah semudah yang dibayangkan. Kita berharap generasi muda Padang Pariaman, jadilah sebagai lulusan terbaik di MTs/SMP, sehingga bisa ikut daftar di MAN IC" tukas Syahlul. 


Bahkan, Bupati Ali Mukhni ketika itu dalam bincang-bincang santai pernah bercerita bagaimana perjuangannya menghadap Menteri Agama RI saat itu. Dan ia mengaku sempat tidur di Kantor Kementerian Agama Pusat untuk meyakinkan Menteri, mengingat kisah adanya MAN IC di Padang Pariaman.


Latar belakang kehadiran MAN IC merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Jadi, pendirian MAN IC bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Disamping itu, keberadaan MAN IC ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School. Yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.


Pada awalnya hanya ada 2 (dua) MAN IC di Indonesia, yaitu MAN IC Serpong dan MAN IC Gorontalo. Pada tahun 2012 Kemenag menegerikan MA Cendekia Jambi untuk dijadikan MAN IC Jambi.


Sejak tahun 2015 Kemenag  telah mendesiminasi prototipe penyelenggaraan pendidikan MAN IC. Sehingga saat ini, terdapat 24 lokasi MAN IC di seluruh Indonesia.


Dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN IC, maka Kemenag menerapkan sistem SNPDB MAN IC.


SNPDB MAN-IC ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan.Sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.


Jalur SNPDB MAN-IC Tahun Pelajaran 2023/2024 pertama jalur Tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri dan swasta yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.


Kemudian, jalur prestasi melalui jalur non-tes paling banyak 10% yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP yang memiliki prestasi nasional peraih medali emas, perak, perunggu/juara 1, 2, 3 di bidang sains pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional, Olimpiade Sains Nasional (OSN), MYRES tingkat nasional, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional, Lomba Penelitian/Karya Ilmiah yang diselenggarakan Kemenag, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)), serta yang memiliki penghargaan dari luar negeri yang merupakan lanjutan dari OSN seperti; IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IESO, IAO, IOAA, IEO, ISO, IEYI, dan ASPC peraih medali emas, perak, perunggu, atau penghargaan penghormatan (honorable mention). 


Sedangkan, jalur siswa Intemasional dengan seleksi melalui portofolio dan tes wawancara paling banyak 3% diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Sekolah Kedutaan Luar Negeri di Indonesia, atau Sekolah setingkat MTs di luar negeri. Siswa Intenasional akan diterima di MAN-IC Serpong, MAN-IC Jambi dan MAN-IC Gorontalo dan MAN-IC Padang Pariaman


Daya tampung MAN IC Padang Pariaman TP 2023/2024 sebanyak 120 orang. Kuota pendaftar per Madrasah/Sekolah (MTs/SMP) dapat merekomendasikan peserta didik terbaiknya untuk didaftarkan ke MAN IC. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Website https://snpbd-madrasah.kemenag.go.id yang dimulai 9 Januari 2022. Sedangkan awal masuk Asrama 15 Juli 2023.(tka/saco).