Meer Von Kandi Heritage Destinasi Wisata Paling Representatif di Kota Sawahlunto -->

Meer Von Kandi Heritage Destinasi Wisata Paling Representatif di Kota Sawahlunto

Senin, 23 Januari 2023
Objek wisata Meer Von Kandi Heritage Sawahlunto. (ist)


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Meer Von Kandi Heritage merupakan lokasi bekas pertambangan batubara yang di sulap menjadi objek wisata yang paling representatif di Kota Sawahlunto saat ini. Meer Von Kandi Heritage ini menyajikan wahana bermain dipadukan dengan hijaunya pepohonan diiringi alunan musik rakyat yang dapat menghipnotis wisatawan untuk betah berlama-lama menikmati suasana Danau Kandi.


Memasuki objek wisata Meer Von Kandi Heritage, anda langsung disuguhkan dengan pemandangan danau yang dikelilingi tanaman hias yang dirancang sedemikian rupa untuk memanjakan para Meer's sapaan akrab bagi pengunjung setia Meer Von Kandi Heritage. 


Pada bagian Cafe dan Kantin, para Meer's dapat menikmati makanan dan minuman sekaligus manjakan lidah dengan cita rasa produk UMKM asli Sawahlunto salah satunya Gula Aren Lumindai. Selain itu, Cendawan atau Jamur beton juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat santai untuk berdiskusi dengan sahabat karib sambil kongkow melepas penat dari aktifitas sehari-hari. 


Para Meer's yang hobi nyanyi, dapat menyalurkan hobinya dengan iringan alunan musik orgen tunggal Mas Dedi Benjol, sesuai selera lagu dan suara anda, sehingga membuat para Meer's betah berlama-lama dan lupa untuk pulang. 


Untuk wahana bermain anak-anak dan remaja hingga dewasa, para Meer's disajikan dengan kolam renang waterbom yang dapat diakses dengan menggunakan kereta wisata untuk sampai ke tujuan. Sejumlah spot foto instagramable pun ditawarkan oleh pihak pengelola untuk menarik wisatawan agar berkunjung, seperti replika kincir angin Belanda dan lain sebagainya. 


Tak kalah menarik, di dermaga danau juga disediakan ruang santai nan romantis bagi para pujangga untuk mencari inspirasi. Sejak diresmikan pada 1 Desember 2021 lalu, Meer Von Kandi Heritage selalu dikunjungi oleh para wisatawan dalam maupun luar Sumatera Barat bahkan luar negeri. 


Meer Von Kandi Heritage sangat cocok untuk seluruh kalangan untuk bersantai ria menghabiskan waktu luang dari hiruk-pikuk kesibukan pekerjaan sehari-hari. 


Pengelola Meer Von Kandi Heritage, Jaswandi menyebut objek wisata ini menyajikan pemandangan danau bekas galian tambang batubara yang indah dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.


“Ini baru satu-satunya objek wisata bekas tambang batubara yang dikelola dengan baik, diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang banyak memiliki bekas tambang yang tidak dimanfaatkan,” ungkap Jaswandi yang juga menjabat pimpinan DPRD Kota Sawahlunto, Senin (23/1/2023).


Menurut Haji Wan, begitu sapaan akrab Haji Jaswandi S.E., objek wisata yang ia kelola bakal dibangun beraneka ragam arena permainan dan diharapkan Objek wisata Meer Von Kandi Heritage nantinya berkelas nasional dan menjadi tujuan wisata bagi semua kalangan.


Setelah membangun Waterboom, kedepannya pihak pengelola Meer Von Kandi Heritage juga akan membangun homestay dan penginapan. Untuk tiket masuk Meer Von Kandi Heritage relatif cukup murah, anda cuma merogoh kocek 10 ribu rupiah untuk setiap pengunjung. Penasaran kan? Selamat menikmati hari libur ya para Meer's! Keep Smile. (ton)