Park Hang-seo Puji Timnas Indonesia Usai Tahan Vietnam 0-0 di Leg I Semifinal Piala AFF 2022 -->

Iklan Atas

Park Hang-seo Puji Timnas Indonesia Usai Tahan Vietnam 0-0 di Leg I Semifinal Piala AFF 2022

Sabtu, 07 Januari 2023

Park Hang-seo puji Timnas Indonesia usai tahan imbang Vietnam 0-0 


PELATIH Vietnam, Park Hang-seo memberikan pujian kepada Timnas Indonesia dengan mengatakan kalau tim besutan Shin Tae-yong itu merupakan tim yang kuat. Kendati begitu, ia tetap percaya diri kalau skuadnya jauh lebih kuat.


Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2022. Leg pertama pun sudah dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Jumat (6/1/2023) sore WIB dengan kedua tim bermain imbang 0-0, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Selepas pertandingan, Park Hang-seo memuji dan mengakui kalau Timnas Indonesia merupakan tim yang kuat. Meski demikian, ia tetap mengatakan kalau Vietnam jauh lebih kuat.


"Iya tentu, Indonesia adalah tim yang kuat, tapi saya kira tim kami (Vietnam) lebih kuat," kata Park Hang-seo dalam sesi konferensi pers dikutip via ANTARA, Sabtu (7/1/2023).


Pelatih asal Korea Selatan itu menilai sejak dalam kendali Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sehingga, merepotkan tim asuhannya pada laga yang disaksikan puluhan ribu suporter Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- tersebut.


"Shin Tae-yong sudah dua tahun melatih Indonesia, apalagi ditopang dengan pemain naturalisasi," lanjut pelatih berusia 65 tahun itu.


Selama pertandingan, Vietnam memang ditekan oleh Timnas Indonesia yang mengejar kemenangan. Beruntung penjaga gawang Dang Van Lam tampil sigap sehingga mampu membendung serangan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.


Laga keras juga sempat diperagakan pemain belakang Doan Van Hau. Bahkan, apa yang dilakukan pemain berusia 23 tahun itu menjadi sorotan pemain dan penonton Indonesia.


Vietnam sebenarnya juga terus berupaya mencetak gol. Namun tiga pemain belakang Timnas Indonesia yang dimotori kapten Fachruddin Aryanto mampu memutus pola serangan mereka sampai laga usai.


Hasil imbang di Jakarta jelas sangat menguntungkan Vietnam yang akan menjadi tuan rumah dalam leg kedua nanti. Sesuai dengan jadwal, laga penentuan untuk lolos ke final Piala AFF 2022 akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023) malam WIB.


Jika ingin lolos ke final kejuaraan dua tahunan ini, Timnas Indonesia minimal harus bermain imbang 1-1 di Vietnam. Sebab, Piala AFF 2022 menerapkan gol tandang sejak memasuki semifinal.


Jadi, jika leg kedua Timnas Indonesia bisa mencetak minimal satu gol, maka hasil imbang dengan skor berapa pun sudah cukup untuk membuat lolos ke final. Dan untuk yang paling aman, Timnas Indonesia harus menang dalam waktu normal sehingga satu tiket ke partai puncak turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara itu bisa diraih. (*)