Perang Bersenjata Kembali Pecah, 10 Orang Tewas -->

Perang Bersenjata Kembali Pecah, 10 Orang Tewas

Selasa, 31 Januari 2023

 

Pertempuran di daerah pusat perdagangan narkoba di tenggara Kolombia menewaskan sembilan pemberontak dari Tentara Pembebasan Nasional (ELN) dan satu Marinir.



BOGOTA - Pertempuran di daerah pusat perdagangan narkoba di tenggara Kolombia menewaskan sembilan pemberontak dari Tentara Pembebasan Nasional (ELN) dan satu Marinir. 


Angkatan Laut Kolombia pada Senin (30/1/2023) mengatakan, bentrokan terjadi akhir pekan lalu di daerah hutan dekat kota pelabuhan Pasifik Buenaventura. Perang itu terjadi hanya dua minggu sebelum pembicaraan damai antara pemerintah dan ELN akan dilanjutkan di Meksiko, sebagaimana dikutip iNews.id.


Kolombia telah mengalami hampir enam dekade konflik bersenjata internal. Konflik tersebut menyebabkan sedikitnya 450.000 orang tewas dan jutaan orang terpaksa mengungsi.


Pemerintah menyelesaikan putaran awal pembicaraan dengan ELN di Venezuela tahun lalu. Pada bulan ini, pemerintah juga mengadakan pertemuan darurat untuk mengatasi masalah komunikasi mengenai potensi gencatan senjata.


Presiden Gustavo Petro, pemimpin sayap kiri pertama Kolombia, telah berjanji untuk mengupayakan kesepakatan damai atau kesepakatan penyerahan dengan semua kelompok bersenjata ilegal negara itu. (*)