Pj Bupati Apriyadi Podcast Bareng PWI Muba Bahas MVC dan Berdayakan SDM Lokal -->

Pj Bupati Apriyadi Podcast Bareng PWI Muba Bahas MVC dan Berdayakan SDM Lokal

Rabu, 25 Januari 2023
.


Sekayu, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus berinovasi untuk menciptakan lapangan kerja dan terus berupaya mengoptimalkan serapan tenaga kerja lokal, salah satunya melalui program Muba Vocational Centre (MVC).  


Hal ini diungkapkan, Penjabat (Pj) Bupati Muba Drs H Apriyadi saat

podcast bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muba, Rabu (25/1/2023) di Kantor PWI Kabupaten Muba. 


Disampaikan Apriyadi, didirikannya Muba Vocational Centre (MVC) sebagai implementasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja. Dengan mewajibkan setiap perusahaan yang berdomisili di wilayah Bumi Serasan Sekate merekrut Tenaga Kerja Lokal (TKL). Tujuannya, untuk memperluas kesempatan kerja bagi penduduk lokal. 


"Hadirnya MVC ini untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil mempunyai skill dan mumpuni, melalui pelatihan dan sertifikasi yang diakui secara nasional maupun internasional. Disaat Pemkab sudah memiliki tenaga kerja yang sesuai dengan spesifikasi perusahaan, tentunya bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Muba. 

Nah, inilah yang kita inisiasi untuk sekarang hingga nanti,"ungkap Apriyadi. 


Sementara, Kepala Disnakertrans Muba H Mursalin SE MSi mengatakan, setelah dirintis sejak tahun 2020 dan diresmikan ditahun 2021, Muba Vocational Center (MVC) sudah menyerap banyak sekali tenaga kerja lokal yang bekerja di Perusahaan Muba maupun perusahaan yang di luar Muba. Seperti halnya di tahun 2022 sudah tercatat sebanyak 12.794 tenaga skill dan anskill yang sudah terserap. 


"Artinya 80% sudah terserap dengan baik. Ini menjadi sebuah hasil atau turunan dari Perda No 2 tahun 2020. Kita mampu bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengurangi angka pengangguran serta memprioritaskan tenaga kerja lokal di Muba. Untuk kedepannya akan ada pengembangan bukan hanya di bagian migas saja namun, akan berkembang di bagian batubara, perkebunan, pertanian dan lainnya,"tandasnya. 


Ngobrol santai tapi penuh makna ala podcast PWI Muba ini dipandu langsung oleh Yohandes yang memiliki nama bekennya yaitu, Bang Jay. "Ini merupakan poadcast pertama PWI yang saya pandu dan langsung dihadiri oleh Pj Bupati Muba. Kesempatan yang luar biasa, terima kasih pak Pj Bupati atas kunjungan dan support nya. Semoga kami tetap konsisten terus menampilkan berbagai macam informasi yang bermanfaat untuk masyarakat Muba,"pungkas Bang Jay.(Ssi)