Plt. Sekdako Payakumbuh Ajak Pejabat Gunakan Kenderaan Dinas Sesuai Fungsi -->

Plt. Sekdako Payakumbuh Ajak Pejabat Gunakan Kenderaan Dinas Sesuai Fungsi

Jumat, 13 Januari 2023
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan, Plt. Sekda Kota Payakumbuh Dafrul Pasi hadir di Dinas Pendidikan untuk melakukan inspeksi mendadak kendaraan operasional roda dua dan roda empat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.


Kesempatan itu di Padang Kaduduak, Selasa (10/01/2023) lalu, Dafrul Pasi tampak didampingi langsung Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Daerah Kota Payakumbuh Orion Ali, bersama tim aset dari Badan Keuangan Daerah.


"Sidak ini dilakukan untuk memeriksa kondisi masing-masing kendaraan dinas roda dua dan empat di jajaran Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Kita ingin memastikan kondisi aset, diantaranya kendaraan dinas roda dua dan empat. Apa dimanfaatkan dan dirawat dengan baik di Kota Payakumbuh,"terang Dafrul Pasi kepada media.


"Pemeriksaan berupa pengecekan surat-surat kendaraan bermotor, pengecekan fisik kendaraan dinas, dan pengecekan pajak kendaraan. Kendaraan dinas operasional yakni kendaraan roda dua maupun roda empat yang berfungsi untuk menunjang pelaksanaan tugas ASN dalam suatu organisasi pemerintahan,"imbuhnya.


Plt. Sekda Payakumbuh menghimbau pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan sebagai pemegang kendaraan dinas baik roda dua maupun roda empat agar selalu merawat secara berkala kendaraan dinas yang digunakan.


“Pejabat (ASN) di Pemko Payakumbuh diharapkan agar memanfaatkan dan mengadministrasikan aset (kendaraan dinas) secara benar sesuai fungsi dan kegunaan dari kendaraan dinas untuk kelancaran dalam menunjang tugas pemerintahan”, tambah Dafrul.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril didampingi Sekretarisnya Danil Devo sampaikan terima kasih kepada Plt. Sekda Payakumbuh bersama tim aset yang sudah melakukan pengecekan terhadap kendaraan dinas (aset daerah) sehingga kebenaran data dan kondisi aset dapat diketahui kondisi aset secara berkala.


Kadisdik menyatakan bahwa Dinas Pendidikan akan siap menindak lanjuti dan memastikan aset yang berada di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh termasuk kendaraan dinas operasional roda dua dan empat tercatat dalam KIP (kartu identitas barang).


“Kendaraan dinas akan diberikan kepada pejabat yang tepat, dimanfaatkan untuk kepentingan dinas dan menegaskan kepada pejabat pemegang kendaraan dinas di lingkungan Dinas Pendidikan agar tidak menyalah gunakan kegunaan dan fungsi dari kendaraan dinas,"tambah Dasril.


"Dengan adanya kegiatan ini, terpantau sejauhmana pemeliharaan kendaraan oleh pejabat. Pemegang kendaraan dinas pemerintah harus mempunyai rasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap kendaraan dinas yang diamanahkan pemerintah kepadanya.(ul)