Rombongan Pelajar Korsel Terkesan dengan Padang Panjang -->

Iklan Atas

Rombongan Pelajar Korsel Terkesan dengan Padang Panjang

Kamis, 12 Januari 2023
Walikota Fadly Amran menyerahkan cinderamata kepada ketua rombongan dari Korea Selatan.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Rombongan pelajar dan guru dari Seoul Technical High School, Korea Selatan (Korsel) mengaku sangat terkesan dengan Padang Panjang.


Rabu (11/1) malam rombongan yang dipimpin Jabok Lee itu dijamu makan malam di rumah dinas walikota.


Rombongan menjalankan kegiatan sharing budaya dan teknologi di SMAN 3 Padang Panjang. Selain itu, mereka juga mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Padang Panjang dan sejumlah daerah di Sumbar selama lima hari. 


Pelajar Korsel ini terdiri 13 siswa (10 laki-laki dan tiga perempuan), tiga guru dan kepala sekolah. 


Di antara agenda yang mereka laksanakan yaitu berbagi teknologi perakitan drone, demo masakan Korea dan budaya Korea  di SMAN 3.  Sedangkan dari SMAN 3 akan membawa mereka pada pengalaman budaya seperti demo masakan tradisional Minangkabau yaitu randang, dan perkenalan alat musik tradisional Minangkabau. 


Mereka juga  mengunjungi Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Mifan, menyaksikan Silek Lanyah di Desa Kubu Gadang. Lalu ke ISI Padang Panjang. Ke Bukittinggi dan Payakumbuh Minggu depan. Senin ke Pulau Mandeh, Pesisir Selatan dan Selasa (17/1) kembali ke negaranya.


Pada jamuan makan malam tersebut tamu Korsel ini tampak terkesima dengan penampilan tari tradisional Minangkabau. Mereka juga menikmati kuliner yang disajikan. 


Wako Fadly ketika memberikan sambutan dengan bahasa Inggris menyampaikan, kehadiran guru dan pelajar Korsel ke Kota Padang Panjang ini merupakan sebuah kehormatan. Ia berharap ada kunjungan serupa, pelajar Padang Panjang ke Korea Selatan. 


Fadly berharap para pelajar Seoul Technical High School ini bisa merasakan pengalaman yang menyenangkan di  Padang Panjang. Seperti membuat randang, dan belajar berbagai hal lainnya. 


Walikota Fadly juga menjelaskan tentang sejarah Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekkah. Sekolah Islam tumbuh dan berkembang di kota berhawa sejuk ini.


Sementara Jobok Lee menyampaikan terima kasih kepada Wako Fadly Amran.

 

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea telah terjalin sejak 50 tahun lalu. 


“Saya ingin memperluas kerja sama di bidang pendidikan ini agar lebih baik lagi,” katanya. (syam)